Jebol Tembok, 4 Tahanan Narkoba Lapas Pakjo Palembang Kabur

Jumat, 5 Juli 2019 15:26 Reporter : Irwanto
Jebol Tembok, 4 Tahanan Narkoba Lapas Pakjo Palembang Kabur Lapas Pakjo Palembang. ©2019 Merdeka.com/Irwanto

Merdeka.com - Empat tahanan narkoba Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Palembang melarikan diri dengan cara memotong terali dan menjebol tembok dinding. Tim gabungan tengah mengejar para tahanan.

Mereka diketahui tidak lagi berada di tahanan saat akan menggelar apel pagi, Jumat (5/8). Diperkirakan mereka beraksi pada dini hari.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumsel Sudirman D Hury mengungkapkan, para tahanan yang kabur semuanya menempati Blok D13 dengan penghuni lima orang. Satu orang tetap berada di tahanan dan tidak ikut kabur.

"Mereka memotong terali dengan gergaji, lalu menjebol tembok tahanan. Kemudian naik ke atas pakai sarung dan merusak kawat duri di tembok bekas pos jaga yang tidak digunakan lagi," ungkap Sudirman.

Para tahanan yang kabur merupakan satu komplotan peredaran tiga kilogram sabu, yakni David Haryono, Syarif Hidayat, Feri, dan Subhan. Mereka divonis penjara selama 20 tahun.

"BNN tengah mengajukan sidang pidana pencucian uang (TPPU) kepada mereka. Kami awalnya memindahkan para tahanan itu ke Lapas Lubuklinggau," terangnya.

Dikatakannya, tim gabungan dari Lapas, BNN, dan kepolisian, tengah mengejar para tahanan. Barang bukti diamankan adalah kain sarung yang digunakan memanjat atap lapas.

"Kami tengah memeriksa 15 petugas jaga. Saya instruksikan juga menyelidiki dari mana gergaji besi didapat, bisa jadi diletakkan di sandal seperti sebelumnya," katanya. [rhm]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini