Jawaban Para Manteri Jokowi Saat Ditanya Apa akan Masuk Kabinet Lagi?

Kamis, 13 Juni 2019 06:10 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
Jawaban Para Manteri Jokowi Saat Ditanya Apa akan Masuk Kabinet Lagi? Pelantikan menteri Jokowi di Kabinet Kerja reshuffle jilid 2. ©biropers

Merdeka.com - Masa jabatan para menteri dalam Kabinet Kerja akan berakhir pada Oktober 2019 nanti. Presiden Jokowi akan kembali membentuk kabinet baru pada periode kedua mendatang. Presiden Jokowi telah dinyatakan sebagai pemenang Pemilu 2019 oleh KPU.

Apakah Presiden Jokowi akan memilih kembali para menterinya untuk kedua kalinya? Atau mengganti dengan orang-orang baru? Lalu bagaimana tanggapan para menteri soal nasibnya di kabinet kerja periode kedua? Berikut tanggapan para menteri Jokowi:

1 dari 3 halaman

Menteri Susi Pusjiastuti

Nama Susi Pudjiastuti selalu menjadi sorotan. Sejak dipilih sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, sepakterjangnya selalu menjadi perhatian publik.

Kini masa jabatan Menteri Susi akan segera berakhir pada Oktober nanti. Apakah Menteri Susi akan kembali dilirik Presiden Jokowi sebagai menteri pada periode kedua?

"Ya insyaallah kalau badan masih sehat dan Pak Jokowi memberikan kepercayaan penuh ya saya akan lakukan," kata Susi.

2 dari 3 halaman

Menteri Tjahjo Kumolo

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo sudah memperkirakan tak dipilih kembali menjadi menteri dalam negeri. Menurutnya, dalam sejarah tidak pernah ada Mendagri menjabat sampai dua kali.

"Dalam sejarah, tidak ada Mendagri 2 kali (menjabat) itu, tidak ada," kata Tjahjo.

Jadi, Tjahjo tidak tahu apakah akan terpilih kembali atau tidak dalam Kabinet Kerja yang baru. "Tidak tahu, itu haknya presiden. Dalam sejarah, hanya sekali," kata Tjahjo.

3 dari 3 halaman

Menteri Rini Soemarno

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno tak mau ambil pusing soal akan terpilih kembali atau tidak sebagai menteri dalam Kabinet kerja baru. Kini ia hanya fokus menyelesaikan tugas tepat waktu.

"Tidaklah, itu urusan nanti, yang penting kita benar-benar bisa menyelesaikan tugas kita tepat pada waktunya dan memberikan yang terbaik bagi bangsa," kata Menteri Rini.

Kini Menteri Rini hanya bisa bersikap tawakal dan menyerahkan sepenuhnya hal tersebut kepada yang Maha Kuasa Allah SWT. "Apapun nantinya, Allah SWT yang menentukan," kata Rini. [has]

Baca juga:
Candaan Menteri Susi Ingin Jadi Wartawan Online Jika Tak Lagi Terpilih Jadi Menteri
Menteri Susi Siap Jika Kembali Dipilih Jokowi di Periode Berikutnya
Ketum PB HMI Dukung Rencana Jokowi Beri Kesempatan Generasi Muda jadi Menteri
Direkomendasikan Dewan Pakar Golkar Jadi Menteri Lagi, Ini Kata Agus Gumiwang
PPP: Jokowi Belum Ajak Bicara Pimpinan Parpol Bahas Menteri

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini