Jaringan Internet Terganggu, RSUD Jayapura Tak Bisa Akses Data BPJS

Selasa, 4 Mei 2021 10:58 Reporter : Yan Muhardiansyah
Jaringan Internet Terganggu, RSUD Jayapura Tak Bisa Akses Data BPJS Direktur RSUD Jayapura Aloysius Giyai. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Terputusnya kabel optik yang menyebabkan terganggunya jaringan internet di sebagian wilayah Papua berpengaruh pada pelayanan kesehatan. Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dok II Jayapura menyebut pelayanan berbasis elektronik terganggu akibat kondisi itu.

"Misalnya saja jika ada yang hendak berobat menggunakan BPJS Kesehatan, petugas kami tidak dapat mengakses datanya," kata Direktur RSUD Dok II Jayapura Aloysius Giyai di Jayapura, Senin (3/5).

Menurut Aloysius, kondisi ini mempersulit masyarakat yang hendak mendapatkan layanan kesehatan. "Akhirnya kami memutuskan untuk menggunakan cara manual, namun guna mempertanggungjawabkan kepada BPJS Kesehatan ini yang masih dipikirkan caranya," ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya tengah berkoordinasi dengan pihak ketiga agar dapat memberikan solusi atau alternatif lain, sehingga pelayanan kesehatan secara maksimal dapat dinikmati masyarakat.

"Kami sangat berharap, jaringan internet ini segera normal sehingga pelayanan kesehatan juga tidak terganggu," ucapnya seperti dilansir Antara.

Pihaknya mengharapkan segera ada jawaban pasti dari PT Telkom terkait jaringan internet itu karena pelayanan kesehatan ini kaitannya dengan nyawa seseorang.

Sebelumnya, Vice President Corporate Communication PT Telkom Indonesia Pujo Pramono menyebutkan bahwa saat ini layanan telepon dan pesan singkat di wilayah Jayapura dan sekitarnya sudah kembali normal.

Namun layanan data, baik fixed maupun mobile broadband, masih dalam proses pemulihan kualitas layanan secara bertahap dengan mengoptimalkan kapasitas satelit, sistem komunikasi radio IP terestrial, serta dukungan dari infrastruktur lainnya, termasuk pemanfaatan jaringan Palapa Ring Timur.

"Kami menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami pelanggan dan masyarakat di wilayah Jayapura dan sekitarnya yang terdampak. Kami akan mengupayakan percepatan agar kualitas layanan bisa segera kembali normal," ujar Pujo dalam keterangan tertulis diterima Antara di Jayapura, Minggu (2/5).

Layanan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) di wilayah Jayapura dan sekitarnya mengalami gangguan pada Jumat (30/4) pukul 19.40 WIB sebagai dampak dari putusnya kabel laut Sulawesi Maluku Papua Cable System (SMPCS) ruas Biak-Sarmi. [yan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini