Jangan sekali-kali pedangdut jadikan ular kobra pemanis di panggung

Selasa, 5 April 2016 08:33 Reporter : Muchlisa Choiriah
Jangan sekali-kali pedangdut jadikan ular kobra pemanis di panggung Irma Bule. ©facebook.com/nino.ardiansyah

Merdeka.com - Irmawati (29) alias Irma Bule, seorang pedangdut dan penari tewas dipatuk ular. Korban saat itu sedang menari di atas panggung bersama ular jenis King Cobra dalam acara hajatan di Dusun Selang Hajat, Desa Lemahabang Kecamatan Lemah Abang, Karawang, Jawa Barat.

Tahukah kamu bahwa ular jenis King Kobra merupakan salah satu hewan yang paling mematikan?

Ular king kobra atau Ophiophagus hannah sering dianggap sebagai raja ular berbisa yang paling mematikan. Ular king kobra merupakan ular berbisa yang memiliki racun berjenis haemotoxcin dan neurotoxcin. Racun ini menyerang sistem saraf dan menimbulkan rasa sakit yang amat sangat, pandangan yang mengabur, vertigo, dan kelumpuhan otot. Kemudian korban akan mengalami kegagalan sistem kardiovaskular, yang jika dibiarkan dapat mengakibatkan kematian.

Kemampuan mengeluarkan bisa ular jenis King Cobra diketahui sangat besar dan jauh lebih banyak dari ular sejenis. Dalam satu kali gigitan, ular ini dapat mengeluarkan sejumlah bisa yang cukup untuk membunuh hingga 10 orang sekaligus bahkan seekor gajah sekalipun. Meskipun biasanya jarang mengeluarkan kesemua bisanya dalam sekali gigitan.

Di Indonesia sendiri, King Cobra memiliki ciri umum berwarna hitam atau coklat tua dengan bagian kepala yang cenderung berwarna lebih terang. Sisik bawah tubuh berwarna keabuan atau kecoklatan, kecuali dada dan leher yang berwarna kuning cerah atau krem dengan pola belang hitam tak teratur, yang nampak jelas ketika ular ini mengangkat dan membentangkan lehernya.

Makanan King Cobra itu sendiri yakni berbagai jenis ular baik yang berbisa maupun tidak dan kadal. King Cobra berburu dengan mengandalkan indera penciuman dan penglihatannya yang tajam. Konon dengan kedua indera itu King Cobra mampu mengawasi mangsanya dari jarak 100 meter.

Penamaan King Cobra itu sendiri bukan lain karena ukurannya yang merupakan ular berbisa terpanjang dan jumlah bisa terbanyak di dunia. Satu yang pasti, meskipun King Cobra memiliki bisa mematikan dan cenderung agresif, tetapi sebagaimana dilansir Alamendah’s Blog, King Cobra hanya akan mennyerang manusia jika merasa terganggu, terancam, dan terpojok.

Makanya tidak usah bermain-main dengan ular dan biarkan mereka bercumbu di alam liar dengan bebas. Jadi masih berani bermain-main dengan si Raja satu ini? [eko]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini