Jalur ganda KA Semarang-Gubug Jateng mulai beroperasi

Rabu, 28 Agustus 2013 22:28 Reporter : Parwito
Jalur ganda KA Semarang-Gubug Jateng mulai beroperasi Rel kereta. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Jalur ganda kereta api (KA) di wilayah PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi IV Semarang untuk jurusan Stasiun Alastua Semarang-Stasiun Gubug mulai dioperasikan.

Pengoperasian jalur ganda sepanjang 27 kilometer itu, Rabu (28/8) ditandai dengan pengerjaan switch over untuk menghubungkan jalur lama ke jalur baru yang dikerjakan serentak di empat stasiun.

Sekitar 1.400 pekerja secara bersamaan melakukan pengerjaan switch over jalur ganda KA yang melewati empat stasiun itu, yakni Stasiun Alastua, Brumbung, Tegowanu, dan Gubug tersebut.

Kepala Satuan kerja Pengembangan Perkeretaapian Jawa Tengah Hendy Siswanto menjelaskan pengerjaan switch over itu diberi waktu sekitar 2,5 jam menyesuaikan jadwal KA yang lewat.

"Seharusnya, pengerjaan switch over sudah bisa dimulai pukul 08.00 WIB, tetapi mundur sekitar setengah jam karena menyesuaikan jadwal KA. Nunggu KA lewat terlebih dulu," jelasnya di sela-sela memantau pengerjaan switch over di Stasiun Brumbung, Demak, Jateng.

Hendy mengatakan pengerjaan serupa di tiga stasiun lain juga harus dilakukan menyesuaikan dengan jadwal KA.

"Pengerjaan ini (switch over) memang harus dilakukan serentak sehingga kalau di sini (Stasiun Brumbung) mundur di sana juga mundur. Namun, tak ada hambatan berarti," katanya.

Setelah selesai dilakukan switch over, baik pengerjaan sektor sipil maupun persinyalan, kata dia, jalur ganda tersebut sudah bisa langsung dioperasikan untuk melayani perjalanan KA.

"Ya nanti memang masih ada penyempurnaan-penyempurnaan, seperti penyetelan, penambahan kricak, dan sebagainya. Namun, sudah tidak ada pemotongan rel. Tinggal disempurnakan," ungkapnya.

Hendy yang membawahi pengerjaan jalur ganda lintas Semarang-Bojonegoro itu mengatakan perjalanan KA nantinya akan semakin lancar dengan pengoperasian jalur ganda sepanjang 27 km itu.

"Sementara ini memang baru jalur ganda ini (Alastua-Gubug) yang siap. Nanti kan dilanjutkan ke jalur berikutnya secara bertahap. Targetnya, pada 2014 mendatang sudah rampung," pungkasnya. [bal]

Topik berita Terkait:
  1. Kereta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini