Jalan Perbatasan Kota Batu-Malang Longsor, Kendaraan Roda Empat Dilarang Melintas

Minggu, 27 November 2022 06:25 Reporter : Darmadi Sasongko
Jalan Perbatasan Kota Batu-Malang Longsor, Kendaraan Roda Empat Dilarang Melintas Jalan Perbatasan Kabupaten Malang dan Kota Batu Ambles. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Akses Jalan Raya Giripurno perbatasan Kabupaten Malang dan Kota Batu, Jawa Timur atau Jurang Susuh amblas dan longsor di kedua sisi, pada Sabtu (26/11) sekitar pukul 17.30 WIB. Amblas akibat aspal jalan tergerus akar pohon yang tumbang akibat intensitas hujan yang tinggi sepanjang hari.

"Hujan dengan intensitas tinggi mengakibatkan tanah jenuh ambrol sehingga pohon di pinggir jalan roboh dan memakan hampir separuh badan jalan. Saat ini sementara jalan hanya boleh di lewati oleh kendaraan roda dua," kata Ahmad Choirul Rochim, Kasie Logistik dan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, Sabtu (26/11) malam.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun kondisi jalan membahayakan untuk dilintasi, terutama kendaraan roda empat. Petugas telah memberikan batas pengaman agar pengendara berhati-hati dan tidak jatuh atau terperosok ke jurang.

2 dari 3 halaman

Satuan Lalu Lintas Polres Malang, mengalihkan arus lalu lintas kendaraan roda empat yang menuju ke Kota Batu via Karangploso, Kabupaten Malang, Sabtu (26/11). Pengalihan arus guna meminimalisir penumpukan kendaraan akibat tanah longsor dan pohon tumbang di badan jalan di wilayah Jurang Susuh tersebut.

Jalan tersebut merupakan jalan provinsi yang menghubungkan Malang dan Batu via Karangploso. Lokasi longsor tepat berada di perbatasan antara Desa Tawangargo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang dan Desa Giripurno, Kecamatan Bimiaji, Kota Batu.

Jalur ini sangat penting bagi masyarakat yang bepergian ke Malang-Batu atau pun sebaliknya. Biasanya menjadi jalur para wisatawan luar kota, karena lebih dekat diakses dari pintu exit tol Karanglo, Singosari.

"Petugas di lapangan masih melakukan penutupan jalur, hanya bisa dilalui oleh roda dua," kata Iptu Taufik, Kasi Humas Polres Malang Iptu Ahmad Taufik di Polres Malang.

3 dari 3 halaman

Petugas menutup jalur yang mengarah ke Batu dari pertigaan Polsek Karangploso. Semua kendaraan roda empat maupun lebih diarahkan ke Barat menuju jalan Panglima Sudirman kemudian mengarah pertigaan Pendem, begitu sebaliknya.

"Semua kendaraan roda empat atau lebih tidak boleh melintas, karena lokasi tanah longsor masih berbahaya jika dilalui kendaraan besar," lanjutnya.

Petugas dari Polsek Karangploso dan Sat Lantas, bergabung dengan Polres Batu, BPBD, Tagana, serta relawan lainnya sudah disiagakan di lokasi longsor untuk mengantisipasi warga agar tidak ada yang melintas.

Masyarakat yang ingin bepergian ke arah Batu dari arah Malang, bisa menggunakan jalur Dinoyo-Landungsari agar tidak terjebak kepadatan kendaraan di sekitar Karangploso.

[tin]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini