Hot Issue

Jalan Panjang Perlawanan Evi Novida Ginting Hingga Berakhir Manis

Sabtu, 8 Agustus 2020 08:04 Reporter : Fikri Faqih
Jalan Panjang Perlawanan Evi Novida Ginting Hingga Berakhir Manis Komisioner KPU Evi Novida Ginting. ©Liputan6.com/Helmi Fithriansyah

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo akhirnya memutuskan untuk mencabut Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia Nomor 34/P Tahun 2020 terkait pemberhentian Evi Novida Ginting sebagai Komisioner KPU. Istana tidak akan melakukan banding atas keputusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta.

Kasus pemecatan Evi Novida sendiri bermula ketika dia dilaporkan oleh anggota DPRD Kalimantan Barat (Kalbar), Hendri Makaluasc ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). Evi tidak sendiri, kala itu dia dilaporkan bersama 6 Komisioner KPU RI lainnya.

Hendri menduga adanya praktik penggelembungan 2.414 suara ke pesaingnya yang berada di nomor urut 7 pada partai yang sama, yaitu Cok Hendri Ramapon. Penggelembungan suara terjadi di 19 desa yang ada di Pontianak, Kalimantan Barat.

Namun ternyata, laporan tersebut dicabut Hendri pada saat sidang perdana digelar oleh DKPP. Tidak bisa menerima alasan dari pelapor, DKPP memutuskan tetap melanjutkan kasus perselisihan perolehan suara calon anggota DPRD Provinsi Kalimantan Barat Daerah Pemilihan Kalimantan Barat 6 dari Partai Gerindra.

Baca Selanjutnya: 13 November 2019 DKPP menggelar sidang...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini