Jalan Hidup Denok, Tinggalkan Kemapanan Demi Mengurus Sampah

Rabu, 8 Juli 2020 05:04 Reporter : Arie Sunaryo
Jalan Hidup Denok, Tinggalkan Kemapanan Demi Mengurus Sampah Denok Marty Astuti. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Sudah bukan rahasia lagi, sampah menjadi permasalahan hampir semua kota di dunia. Tidak hanya menjadi urusan stakeholder atau pemerintah saja, permasalahan sampah membutuhkan kepedulian semua. Bahkan terkadang butuh pejuang yang rela menghabiskan waktunya demi pengelolaan yang lebih baik dan kalau bisa membawa manfaat.

Di Kota Solo ada seorang wanita yang hidupnya dihabiskan untuk mengurusi sampah. Wanita tersebut bernama Denok Marty Astuti, kelahiran Solo, 42 tahun lalu. Warga Jalan Dahlia, Badran, Purwosari, Solo itu tidak hanya pemerhati atau peduli sampah, namun lebih pantas disebut pejuang.

Betapa tidak, 12 tahun bekerja sebagai akuntan di perusahaan ternama di Jakarta, Denok rela meninggalkan pekerjaannya dan pulang ke Solo untuk mengurus sampah. Denok rela meninggalkan penghasilan yang mapan demi mengurus sampah yang belum jelas nilai ekonominya. Namun dikatakannya, tekad tersebut sudah bulat meski pada awalnya tidak mendapatkan dukungan keluarga serta mendapat cibiran tetangga.

"Saya dulu akuntan di Astra Honda Motor 12 tahun dan 2013 resign untuk ngurusi sampahnya Solo," ujar Denok saat ditemui merdeka.com, di rumahnya Jalan Dahlia, Badran, Purwosari, Solo, Senin (6/7).

Pada awalnya Denok merasa prihatin dengan sampah yang ada di Jakarta. Selama berada di Ibu Kota, ia pun sering terlibat dalam kepedulian lingkungan, termasuk pengelolaan sampah. Ia yakin kondisi sampah di Solo lebih parah dibanding Jakarta yang secara finansial APBD lebih besar.

Setelah pulang ke Solo apa yang ia bayangkan ternyata benar. Banyak warga belum mempunyai pengetahuan tentang pengelolaan sampah yang benar. Demikian juga dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Solo, yang menurutnya buta masalah sampah.

Baca Selanjutnya: Dimulai dari Penjara...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini