KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Jaksa Agung pastikan Mary Jane dkk dieksekusi lewat tengah malam

Selasa, 28 April 2015 22:18 Reporter : Marselinus Gual
Mary Jane. ©AFP PHOTO/SURYO WIBOWO

Merdeka.com - Jaksa Agung HM Prasetyo menegaskan jika kesembilan terpidana mati akan dieksekusi lewat tengah malam ini. Tidak ada satu pun yang lolos dari hukuman mati karena sudah sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.

"Ada info dibatalkan, tetapi akan tetap dieksekusi. Tidak ada alasan apa pun untuk membatalkannya yang kita jadwalkan tengah malam ini," kata Prasetyo di Gedung Kejaksaan Agung, Jaksel, Selasa (27/4) malam.

Lanjut Prasetyo, soal adanya indikasi terpidana mati asal Filipina Mary Jane yang diduga korban trafficking, Prasetyo menegaskan, jika hal itu hanya suatu upaya untuk menunda proses eksekusi. Pasalnya, kata Prasetyo, proses perkara Merry Jane sudah berlangsung lama. Dan, kata Prasetyo, jika indikasi adanya human trafficking seharusnya sudah disampaikan dari awal.

"Kalau ada indikasi mengapa diberitahu sekarang. Kalau betul seperti itu harus dari awal sudah disampaikan. Proses perkara Mary ini sudah berlangsung lama dan panjang melalui semua tahapan. Kalau betul ada alibi seperti itu mesti disampaikan. Tidak ada unsur tekanan kita yang membatasi untuk memberikan keterangan. Nah ketika sekarang muncul dan ketika proses sudah berakhir kita melihat sebagai suatu upaya untuk menunda waktu," kata Prasetyo.

Lanjut dia, setiap terpidana mati akan dieksekusi serentak oleh satu regu tembak yang masing-masing berjumlah sembilan personel. Tujuannya, kata dia, agar tidak saling menunggu.

"Akan dieksekusi secara serentak. Setiap terpidana mati disiapkan satu regu tembak. Setiap regu tembak beranggotakan sembilan orang. Supaya tidak saling menunggu," ungkapnya.

Prasetyo pun meminta dukungan doa masyarakat Indonesia agar proses eksekusi berjalan lancar tanpa adanya gangguan.

"Saya minta doa semuanya supaya tugas yang tidak menyenangkan ini bisa diselesaikan dengan baik tanpa ada gangguan," pungkasnya. [rnd]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.