Jaga Keutuhan NKRI, Ditjen Polpum Gelar Sosialisasi Bela Negara di Makassar

Rabu, 13 Februari 2019 11:17 Reporter : Syintia Samantha
Jaga Keutuhan NKRI, Ditjen Polpum Gelar Sosialisasi Bela Negara di Makassar Ditjen Polpum gelar sosialisasi Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2018 tentang Rencana Aksi Bela Nega. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Menjaga Keutuhan Wilayah Indonesia adalah tanggung jawab dan kewajiban setiap warna Negara. Hal ini dalam rangka meningkatkan rasa nasionalisme warga negara terhadap negaranya, kesadaran warga negara terhadap ancaman yang menjurus pada upaya disintegrasi bangsa harus terus dipupuk.

Untuk itu dirasa sangat penting bagi suatu bangsa yang terhormat untuk senantiasa menjaga dan meningkatkan rasa nasionalisme setiap warga negara dalam upaya mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Ditjen Polpum gelar sosialisasi Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2018 tentang Rencana Aksi Bela Nega ©2019 Merdeka.com


Untuk memperkokoh NKRI diperlukan kesadaran bela negara yang pada hakikatnya merupakan pola sikap dan perilaku yang dijiwai kecintaannya kepada Tanah Air. Memperhatikan masalah menurunnya rasa nasionalisme warga negara, maka dirasa perlu dilaksanakan kegiatan sosialisasi Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2018 tentang Rencana Aksi Bela Negara Tahun 2018-2019 yang dapat memberikan solusi pemecahan masalah ini agar bisa mengembalikan rasa dan jiwa nasionalisme warga negara, yang kita selaraskan dengan Program Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum.

"Rela berkorban bagi bangsa dan negara, yakni setiap langkah dan tindakan tidak hanya mementingkan diri sendiri, tetapi lebih dari itu bahwa kemaslahan umumlah yang utama, dan mampu melihat kepentingan jauh kedepan untuk kepentingan negara dan bangsa," ungkap Soedarmo Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Ditjen Polpum) Kementerian Dalam Negeri, Soedarmo dalam sambutan.

Ditjen Polpum gelar sosialisasi Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2018 tentang Rencana Aksi Bela Nega ©2019 Merdeka.com

Acara Forum Dialog Peningkatan Kesadaran Bela Negara Dalam Rangka Penguatan Karakter Bangsa Bagi Aparat/Aparatur dan Masyarakat di Hotel Singgasana, Kota Makassar yang dihadiri 230 peserta terdiri dari Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Wilayah Indonesia Timur. [hhw]

Topik berita Terkait:
  1. Kemendagri
  2. Berita Kemendagri
  3. Makassar
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini