Jadi saksi di sidang Setnov, Elza dikonfirmasi pencabutan BAP Miryam

Senin, 26 Februari 2018 11:23 Reporter : Yunita Amalia
Elza Syarief diperiksa KPK. ©2017 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Sidang lanjutan kasus korupsi proyek e-KTP dengan terdakwa Setya Novanto kembali digelar di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat. Dalam persidangan hari ini, pengacara Elza Syarief dihadirkan sebagai saksi oleh jaksa penuntut umum pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Dalam kesempatan itu, Ketua Majelis Hakim Yanto mengonfirmasi asal muasal pencabutan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) milik terpidana keterangan palsu dalam sidang, Miryam S Haryani. Elza mengakui mantan anggota Komisi II DPR itu berkeluh kesah mengenai pemeriksaan terhadap dirinya di KPK terkait penyidikan proyek e-KTP.

Menurut Elza, Miryam merasa tertekan lantaran dianggap pengkhianat oleh sesama koleganya di DPR dalam satu pertemuan yang disebut diinisiasi oleh Setya Novanto.

"Dia dimarah-marahin dalam satu pertemuan karena dianggap pengkhianat. Dalam pertemuan itu ada Akbar Faisal, Setya Novanto, Chairuman Harahap, Markus Nari, Djamal Aziz. Keterangan anda betul di BAP," ujar Hakim Yanto mengonfirmasi, Senin (26/2).

"Betul. Dia dimarahin sama Akbar Faisal katanya kok ada nama saya di BAP, itu kan uang Markus Nari. Saya bilang enggak usah takut kalau sidang nanti (sebagai saksi) kamu kasih tahu saya biar saya tungguin saya kuatin kamu," ujar Elza.

Elza juga mengatakan pernah mengingatkan Miryam agar tidak memberikan keterangan palsu saat sidang nanti. Dia menerangkan konsekuensi hukum yang akan ditanggung Miryam jika memberikan keterangan palsu.

Awalnya, dia meyakini Miryam tidak mencabut atau memberikan keterangan palsu namun hal sebaliknya justru diperlihatkan politisi Hanura tersebut.

"Ternyata dia enggak kasih tahu sidangnya kapan, tahu-tahu semua BAP-nya dicabut. Saya juga kaget," ujarnya.

Sementara itu, saat dikonfirmasi lagi oleh Hakim Anggota Frangki Tambuwun atas turut serta Setya Novanto dalam intimidasi terhadap Miryam, Elza mengaku tidak yakin. Sebab, ujar Elza, saat itu Miryam bercerita kepadanya tidak yakin.

"Masalah Pak Nov saya kurang pasti, karena saya ulang lagi Miryam seperti enggak fix," ujar Elza. [bal]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini