Jadi Perantara 52 Kg Sabu, Sopir Bentor di Medan Dipidana Mati

Kamis, 22 Oktober 2020 19:00 Reporter : Yan Muhardiansyah
Jadi Perantara 52 Kg Sabu, Sopir Bentor di Medan Dipidana Mati Pengemudi Becak Bermotor di Medan Dipidana Mati. ©2020 Merdeka.com/Yan Muhardiansyah

Merdeka.com - Seorang pengemudi becak bermotor, Zulkifli (45), terbukti bersalah menyimpan dan mengedarkan 52 Kg sabu-sabu. Warga Jalan Pertiwi Gang Amat Rukun, Kelurahan Bantan, Medan Tembung, ini dijatuhi hukuman mati.

Putusan maksimal itu dijatuhkan majelis hakim yang diketuai Saidin Bagariang di Pengadilan Negeri (PN) Medan, Kamis (22/10). Zulkifli hadir melalui telekonferensi dari Rutan Medan.

Majelis menyatakan Zulkifli terbukti melanggar Pasal 114 ayat (2) Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Dia menjadi perantara dalam jual beli sabu-sabu dengan berat 52.040 gram.

"Menjatuhkan hukuman kepada terdakwa dengan pidana mati," kata Saidin.

Hukuman yang dijatuhkan majelis hakim sama dengan tuntutan jaksa. Sebelumnya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Nurhayati Ulvia juga meminta agar Zulkifli dijatuhi pidana mati. Menyikapi putusan ini, Zulkifli melalui penasihat hukumnya dari LBH Menara Keadilan, Sri Wahyuni, menyatakan pikir-pikir.

Sebelumnya, Zulkifli ditangkap saat mengendarai becak bermotor di Jalan Letda Sudjono, Medan, pada Selasa (10/12). Ketika itu dia menunggu untuk menyerahkan 2 bungkus narkotika jenis sabu ke seseorang bernama Arifin (DPO).

Dari jok becak Zulkifli ditemukan 2 Kg sabu-sabu. Petugas kemudian mengembangkan dengan menggeledah rumahnya. Dia bawah tempat tidur ditemukan 20 bungkusan teh Cina Guanyinwang berisi sabu-sabu. Lalu, di lemari pakaiannya didapati 28 bungkus lainnya. Total sabu-sabu yang ditemukan di rumah itu sekitar 49.960 gram.

Selain sabu-sabu, petugas juga menemukan 3 tumpukan uang tunai yang masing-masing diikat karet gelang. Totalnya Rp60 juta.

Zulkifli mengaku menyimpan barang haram itu atas suruhan Arifin (DPO). Dia menerima tawaran itu karena sangat butuh uang dan terlilit utang. [rhm]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Kasus Narkoba
  3. Ragam Konten
  4. Medan
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini