Jadi Menteri Termuda, Nadiem Sebut 'Sinyal Saatnya Pemuda Bangkit'

Senin, 28 Oktober 2019 09:59 Reporter : Merdeka
Jadi Menteri Termuda, Nadiem Sebut 'Sinyal Saatnya Pemuda Bangkit' Nadiem Makarim jadi menteri termuda. ©2019Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim merasa dirinya merupakan salah satu menteri termuda yang pernah dimiliki Indonesia. Kata mantan bos Gojek itu, terpilihnya dia sebagai orang nomor satu dalam lingkungan Kemendikbud itu harus menjadi tonggak kebangkitan anak muda.

"Maksudnya saya adalah ini suatu sinyal, suatu sinyal bahwa ini saatnya pemuda bangkit. Ini saatnya pemuda bukan hanya bagaimana caranya sukses untuk dirinya tapi juga bangsanya," kata Nadiem Makarim di Komplek Kemendikbud, Jakarta, Senin (28/10).

Kaum muda, kata Nadiem, harus melihat dirinya bahwa dia sebagai pemuda saja bisa menjadi menteri, maka begitupun bagi pemuda lain. Meskipun ia mengakui banyak kendala hingga ia duduk di kursi menteri, termasuk kendala dalam hal birokrasi.

"Esensi dari pidato saya adalah lihat lah saya ternyata bisa loh anak muda di sini dan walaupun berapa sulitnya kadang-kadang birokrasi, betapa banyaknya tantangan dan tanggung jawab begitu besar tetap aja melangkah aja kedepan," katanya.

Meskipun menemui kegagalan, lanjut Nadiem, pemuda harus tetap melangkah. Karena menurutnya kegagalan itu tatkala pemuda tidak mau mencoba.

"Satu-satunya kegagalan itu kalau kita diam di tempat itu maksud saya," ia menegaskan.

Jiwa Kepemimpinan

Nadiem juga mengatakan, pemuda jika ingin memiliki jiwa kepemimpinan harus sejak usia muda peduli dengan bangsanya. Bukan hanya sekedar memikirkan urusannya sendiri atau egois.

"Sebenarnya kepemimpinan, terutama kepemimpinan pemuda itu harus muda-muda dia memikirkan bagaimana saya bisa melayani bukan hanya sukses sendiri gitu," katanya.

Reporter: Yopi Makdori [rhm]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini