Jadi Ketua GAPKI Riau, Jatmiko Dorong Penerapan Sawit Lestari untuk Cegah Karhutla

Rabu, 16 Desember 2020 22:37 Reporter : Abdullah Sani
Jadi Ketua GAPKI Riau, Jatmiko Dorong Penerapan Sawit Lestari untuk Cegah Karhutla Ketua GAPKI Riau Jatmiko K Santosa. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Chief Executive Officer PT Perkebunan Nusantara V Jatmiko K Santosa terpilih memimpin Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Cabang Riau Riau periode 2021-2025. Dia akan turut fokus pada pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) bersama pemerintah Provinsi Riau secara berkelanjutan, salah satunya dengan mendorong penerapan sawit lestari.

"Kami juga berkomitmen mendorong seluruh anggota GAPKI dalam penerapan sertifikasi ISPO dan RSPO," kata Jatmiko, Pekanbaru, Rabu (16/12).

Jatmiko menggantikan Plt Ketua GAPKI Cabang Riau periode sebelumnya, Lichwan Hartono, setelah terpilih secara aklamasi dalam Musyawarah Cabang GAPKI Riau ke-VI yang diselenggarakan di Kota Pekanbaru.

Dalam sambutannya, Jatmiko mengucapkan terima kasih atas kepengurusan yang lama serta berkomitmen akan memajukan GAPKI melalui soliditas antar anggota.

"Terima kasih kepada Ketua dan pengurus GAPKI Cabang Riau periode 2017-2020 yang menurut kami sudah luar biasa memimpin GAPKI di masa-masa sulit," terang Jatmiko.

Jatmiko menyebutkan telah memiliki sejumlah program kerja penting dalam memajukan GAPKI serta memberikan kontribusi positif bagi seluruh stakeholders dan negara. Dia menempatkan akselerasi program peremajaan sawit rakyat (PSR) menjadi poin utama.

"Kita akan berupaya mengakselerasi program peremajaan sawit rakyat. Ini bukan hanya pengabdian, tapi juga manfaat kita buat petani dan merupakan peluang dalam supply chain serta membesarkan industri sawit secara keseluruhan," jelasnya.

Jatmiko juga menyampaikan dukungan kepada GAPKI Pusat dalam memberikan masukan dan saran kepada pemerintah atas aturan perundang-undangan yang berkaitan dengan industri. Untuk itu menurutnya GAPKI Cabang Riau perlu bersinergi dengan pemerintah daerah.

Selain program-program tersebut, Jatmiko turut menyatakan ke depan Gapki akan terus proaktif terlibat dalam penetapan harga TBS di Provinsi Riau sesuai dengan Pergub yang akan disahkan, terutama terkait penetapan harga tandan buah segar sawit mitra swadaya, serta mengkoordinir bantuan dari anggota GAPKI melalui program CSR untuk penanganan pandemi Covid-19 di Cabang Riau.

Di waktu yang sama, secara virtual dalam sambutannya Ketua umum GAPKI Joko Supriyono menyebutkan bahwa GAPKI Riau sudah waktunya untuk muncul di kancah nasional. "GAPKI Riau harus menonjol di kancah nasional," kata dia.

Meski begitu, dia mengatakan bahwa masih cukup banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan oleh GAPKI. Termasuk salah satunya terkait program peremajaan sawit rakyat. Untuk itu, ia berpesan agar program PSR yang telah diusung PTPN V dapat ditularkan ke seluruh anggota GAPKI yang terdiri dari beragam perusahaan sawit di Bumi Lancang Kuning.

"Saya berharap agar program PSR dipercepat. PTPN V yang telah melaksanakan PSR agar dapat menularkan apa yang telah dilakukan. Untuk itu, lakukan sinergi dengan multi stakeholders, terutama pemerintah provinsi dan kabupaten agar terus ditingkatkan," imbuhnya. [cob]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Kelapa Sawit
  3. Pekanbaru
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini