Jabatan 2 Komisioner Dicopot DKPP Jadi Tamparan Keras Buat KPU

Kamis, 11 Juli 2019 16:34 Reporter : Sania Mashabi
Jabatan 2 Komisioner Dicopot DKPP Jadi Tamparan Keras Buat KPU Mardani Ali Sera. ©dpr.go.id

Merdeka.com - Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) mencopot dua komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) dari jabatannya sebagai kepala divisi. Dua komisioner itu adalah Ilham Saputra Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan dan Logistik dan Evi Novida Ginting Manik sebagai Ketua Divisi Sumber Daya Manusia, Organisasi, Diklat dan Litbang KPU.

Wakil Ketua Komisi II DPR Mardani Ali Sera menilai pencopotan itu bisa menjadi tamparan bagi KPU. "Ini tentu peringatan, tamparan juga boleh kepada bagi KPU pusat agar lebih hati-hati," kata Mardani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (11/7).

Meski begitu, Mardani mengapresiasi kinerja DKPP yang telah memberikan keputusan yang tegas. Dia berharap KPU menerima putusan tersebut.

"Kami apresiasi pada DKPP yang udah keluarkan putusan yang tegas, sebetulnya bukan komisionernya yang digugurkan tetapi tugasnya di divisi yang bersangkutan yang digugurkan dan harus diganti yang lain," ungkapnya.

Dia juga yakin masalah ini tidak akan mengganggu kinerja KPU. Pasalnya kinerja KPU adalah kolektif kolegial.

"Yang jelas KPU itu kolektif dan kolegial, dari tujuh kalau dua tidak jadi ketua divisi, biasanya digantikan sekretariat jenderal, salah satu dari sekretariat jenderal naik untuk jadi Plt dan organisasi berjalan seperti biasa," ucapnya. [eko]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini