Jabar incar gelar 'keuangan paling transparan' keempat kalinya

Senin, 30 Maret 2015 14:41 Reporter : Andrian Salam Wiyono
Jabar incar gelar 'keuangan paling transparan' keempat kalinya Aher-Deddy Mizwar. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2014 pada BPK Perwakilan Jawa Barat, di Bandung. Demiz, begitu akrab Dedy Mizwar disapa, berharap Jabar bisa meraih quattrick atau opini wajar tanpa pengecualian (WTP) empat kali berturut-turut.

"LKPD yang diserahkan hari ini disertai harapan supaya kami dari Pemprov Jabar dapat kembali meraih WTP sebagaimana tiga tahun terakhir berturut-turut," kata Demiz, Senin (30/3).

Dia menuturkan raihan tiga kali yang disabet Pemprov Jabar menunjukkan bahwa pemerintahan yang dikendalikannya bisa transparan dan akuntabel dalam mengelola keuangan. "WTP menandakan bahwa pemerintah daerah telah memenuhi kualitas terbaik," ungkapnya.

Dia berharap prestasi Pemprov Jabar meraih WTP bisa diikuti 27 kabupaten/kota. "Ini baru 6 yang WTP, ini belum 20 persen. Coba bayangkan kalo semua kota WTP, bisa meningkatkan kesejahteraan," ungkapnya.

Kepala BPK Perwakilan Jabar Cornell S Prawiradiningrat mengatakan Jabar merupakan salah satu provinsi yang telah berhasil melakukan tata kelola keuangan dengan baik. Tak ayal, tiga tahun berturut-turut Jabar meraih opini WTP.

"Prestasi tersebut tentunya bukan diraih secara instan. Diperlukan kerja keras dan komitmen kuat dari jajaran Pemprov Jabar untuk itu," jelasnya.

Setelah diterimanya LKPD dari Pemprov Jabar, BPK akan segera menugaskan tim pemeriksa keuangan untuk melakukan pemeriksaan rinci. BPK mengerahkan delapan tim audit karena Jabar Sebagai daerah yang mengelola uang di atas Rp 20 triliun APBD.

BPK Perwakilan Jabar menyatakan akan mulai melakukan audit kinerja untuk melihat efektivitas program kerja yang dilakukan oleh pemerintah daerah.

"Pemeriksaan terinci LKPD 2014 sebagai kelanjutan dari pemeriksaan pendahuluan akan dilaksanakan mulai 6 April 2015 mendatang dan akan dilakukan selama 30 hari," tuturnya. [rep]

Topik berita Terkait:
  1. Jawa Barat
  2. BPK
  3. Bandung
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini