Isu 'Langkah Serius' Jokowi, Gerindra: Presiden Dongkrak Capres Lewat Caranya Sendiri

Selasa, 6 Desember 2022 16:01 Reporter : Alma Fikhasari
Isu 'Langkah Serius' Jokowi, Gerindra: Presiden Dongkrak Capres Lewat Caranya Sendiri Presiden Jokowi. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) diisukan bakal melakukan langkah serius terhadap calon presiden (Capres) jika elektabilitasnya tidak tembus 30 persen di berbagai lembaga survei. Partai Gerindra melihat, justru Jokowi sudah mengambil langkah untuk mendongkrak para sosok potensial capres dengan caranya sendiri.

Diketahui isu tersebut diembuskan oleh Ketua DPP PKB Faisol Riza lewat unggahan di akun Instagram pribadinya @faisol8418. Dia mengatakan jika Jokowi akan mengambil langkah serius.

"Ya saya pikir apa yang disampaikan oleh rekan kita dari PKB itu adalah mungkin juga introspeksi ke internal ya dan apapun yang terjadi terhadap para capres yang surveinya belum seperti yang disampaikan, ya itu nanti akan ya diserahkan kepada masing-masing capres," kata Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad saat diwawancarai, di Gedung Nusantara II DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (6/12).

"Tapi kan Pak Jokowi sudah juga mengambil langkah-langkah untuk mendongkrak para capres ini dengan caranya sendiri," sambungnya.

Kendati demikian, Dasco mengakui, bahwa partainya belum mengetahui soal isu langkah serius Jokowi. Namun, dia meyakini bahwa langkah serius Jokowi yang disebut-sebut itu merupakan langkah positif agar para capres dapat bersaing sehat. Dia meyakini Jokowi sebagai negarawan tidak mengintervensi pencapresan.

"Justru langkah besar itu saya belum tahu, tanya sama Mas Faisol ya tentunya juga presiden yang tahu. Saya pikir mungkin yang dimaksud cawe-cawe itu kan memberikan langkah-langkah positif agar para capres ini dapat bersaing sehat di dalam demokrasi. Saya tidak melihat langkah-langkah dari presiden yang negatif seperti mengintervensi terlalu jauh salah satu calon," ucapnya.

2 dari 2 halaman

Diberitakan sebelumnya, Ketua DPP PKB Faisol Riza mengungkapkan jika Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal mengambil langkah serius terhadap capres yang tidak menembus elektabitas 30 persen di lembaga survei. Hal itu dia ungkapkan lewat sebuah unggahan di akun Instagram pribadinya @faisol8418.

"Akan ada langkah sangat serius dari Pak Jokowi setelah melihat semua capres tidak ada yang stabil di angka survei 30%. Percayalah," demikian pernyataan Faisol tersebut.

Dikonfirmasi, Faisol belum bersedia membuka manuver Jokowi terhadap para Capres. Dia juga tidak membocorkan capres-capres yang dimaksud.

Akan tetapi dia menduga, alasan Jokowi akan turun tangan karena peluang seorang capres untuk menang kecil apabila elektabilitasnya tidak stabil di angka 30 persen.

"Modal kurang lebih 30% ini tidak ada yang bisa menjamin siapa yang bakal menang," ujar dia.

Baca juga:
Kisah Politik Ganjar dari Dapur Rumah Megawati
Anies Naik Jet Pribadi, NasDem: Pemimpin Dunia Pakai Kendaraan Terbaik di Medan Juang
Diajak PKS ke Koalisi Perubahan, Gerindra: Mengapa Enggak Ikut Gabung Bersama Kami?
Survei Voxpol: Anies Baswedan Unggul di Kalangan Pemilih Berpendidikan Tinggi
Tawa Prabowo Dengar Ajakan PKS Gabung Koalisi Perubahan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini