Istri Ungkap Keinginan dan Kebiasaan Tjahjo Kumolo Sebelum Meninggal Dunia

Jumat, 1 Juli 2022 21:37 Reporter : Nur Habibie
Istri Ungkap Keinginan dan Kebiasaan Tjahjo Kumolo Sebelum Meninggal Dunia Pemakaman Tjahjo Kumolo di TMP Kalibata. ©Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Erni Guntarti, istri dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo, ikut mengantarkan suaminya ke tempat peristirahatan terakhir di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan. Tjahjo meninggal dunia pada Jumat (1/7) sekitar pukul 11.10 Wib.

Selama mengikuti prosesi pemakaman, Erni terus didampingi anak, menantu serta cucunya. Ia tampak mengenakan pakaian hitam, penutup kepala (kerudung) cokelat serta selendang ungu.

Masih di lokasi pemakaman, Erni sempat menceritakan pertemuan antara dirinya dengan almarhum Tjahjo Kumolo kepada awak media. Ibu tiga anak itu mengaku, perkenalan dengan suaminya sejak semasa Sekolah Menengah Pertama (SMP).

"Saya dengan bapak sudah kenal lama sekali, soalnya kami teman sejak sekolah, sejak SMP, SMA, kuliah dan bersama dan sudah dekat sekali, sudah lama kenal. Pokoknya ketika itu ya hidup apa adanya," kata Erni di lokasi, Jumat (1/7).

Karena mereka sangat dekat, Erni bahkan sempat menganggap Tjahjo sudah seperti saudara sendiri. "Kenangan ya banyak sekali. Sudah lama, malah seperti sudah saudara banget, karena sudah dari kecil," ujarnya.

Erni mengatakan, Tjahjo merupakan sosok yang selalu mendukungnya. Perempuan ini merupakan dokter di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

"Bapak sih selalu mendukung apa pun yang saya kerjakan. Karena saat saya kerja, apa yang saya kerjakan sebagai dokter waktu itu di klinik DPR, bapak enggak pernah melarang saya yang saya kerjakan. Jadi enggak harus di rumah," ungkapnya.

2 dari 2 halaman

Ingin Meninggal dalam Tugas

Sebelum wafat, ternyata Tjahjo sempat bilang kepadanya ingin meninggal dunia dalam keadaan sedang bertugas. Tak hanya itu, setiap tidur Tjahjo juga selalu mendengarkan lantunan ayat suci Alquran.

"(Pesan terakhir) enggak ada sih, cuma yang saya ingat bapak ingin meninggal dalam tugas. Itu aja sih. Saya belum tahu apa itu firasat-firasat apa. Kita enggak tahu berapa bulan bapak kalau tidur selalu mendengarkan alunan ayat suci, yang biasanya enggak begitu, itu sudah sebulan itu pas mau tidur sampai tertidur sampai pagi," ungkapnya.

"Kebiasaan baru bapak maksud saya. Kalau bangun tahajud dan mendengarkan alunan ayat suci sampai pagi. Itu terakhir yang saya ingat," tutupnya. [yan]

Baca juga:
Tak Lupa Kampung Halaman, Tjahjo Kumolo Pernah Bangun Jalan untuk Warga
Menaker: Tjahjo Kumolo Dedikasikan Sebagian Hidupnya untuk Bangsa dan Negara
Suasana Rumah Duka Tjahjo Kumolo
Duka Keluarga Iringi Pemakaman Tjahjo Kumolo di TMP Kalibata
Sempat Jenguk Tjahjo Kumolo, Mahfud MD: Sudah Tidak Bisa Berkomunikasi
Cerita Wapres Soal Rajinnya Tjahjo Kumolo sebagai Menteri: Laporan dalam Bentuk Buku

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini