Istana Ungkap Dewan Pengawas KPK Bakal Didominasi Ahli Hukum

Senin, 4 November 2019 13:54 Reporter : Supriatin
Istana Ungkap Dewan Pengawas KPK Bakal Didominasi Ahli Hukum Pratikno. ©2018 Kementerian Sekretariat Negara

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan menunjuk langsung tokoh yang layak mengisi jabatan Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Namun, hingga kini belum diketahui siapa-siapa yang bakal mengawasi kerja lembaga antirasuah tersebut.

Menteri Sekretaris Negara, Pratikno memastikan Dewan Pengawas KPK nantinya didominasi ahli hukum. "Tentu saja ahli hukum yang akan banyak ya," kata Pratikno di Gedung Krida Bhakti Jalan Veteran III, Jakarta Pusat, Senin (4/11).

Selain ahli hukum, akan ada perwakilan dari tokoh yang selama ini fokus pada aspek sosial.

"Ada juga non-hukum, ada dimensi sosialnya muncul. Tapi belum diputuskan final. Sekarang masih listing lah," kata dia.

Mantan Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) ini mengatakan, sebelum menunjuk calon Dewan Pengawas KPK, Jokowi terlebih dahulu meminta masukan pelbagai pihak. Tetapi Pratikno tidak merinci siapa saja pihak yang dimaksud.

Dia melanjutkan, Dewan Pengawas KPK akan dilantik pada Desember 2019, bersamaan dengan pelantikan lima pimpinan KPK yang baru.

"Nanti diangkat bersamaan dengan pimpinan KPK yang baru. Masih bulan Desember. Sementara ini pak Presiden setiap saat ketemu, selalu meminta masukan kira-kira siapa. Intinya kan mengawal kerja pimpinan KPK yang baru," jelasnya.

Sebelumnya, Jokowi menegaskan akan menunjuk Dewan Pengawas KPK tanpa melibatkan panitia seleksi. Ini disampaikan Jokowi saat berbincang santai dengan wartawan di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (1/11). [did]

Topik berita Terkait:
  1. Dewan Pengawas KPK
  2. Jakarta
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini