Istana Tepis Kabar Jokowi Pilih Komjen Sigit Karena Faktor Kedekatan

Rabu, 20 Januari 2021 16:07 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Istana Tepis Kabar Jokowi Pilih Komjen Sigit Karena Faktor Kedekatan Jokowi ke Sulbar. ©2021 Foto: Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden

Merdeka.com - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menepis terkait terpilihnya calon Kapolri tunggal,Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo lantaran memiliki kedekatan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dia menilai mantan gubernur DKI Jakarta tersebut memilih Listyo sebagai calon Kapolri lantaran memiliki kriteria yang mempuni mulai dari kapasitas, kapabilitas, loyalitas hingga integritas.

"Jadi bukan karena macem-macem tapi seorang pimpinan puncak itu memiliki tanggung jawab yang luar biasa, kalau dia memberi tanggung jawab yang luar biasa maka mereka juga harus mempunyai kemampuan yang luar biasa," kata Moeldoko di kantornya, Rabu (20/1).

Dia menuturkan seorang calon pemimpin harus memiliki kapasitas dalam mengadopsi dan terbukti. persoalan dia sudah terbukti. Kemudian harus memiliki loyalitas pada negara. Tidak hanya itu Integritas dan perbuatan itu juga kata Moeldoko jadi salah satu yang dilihat.

"Tanggung jawab dan itu beberapa hal menjadi pertimbangan seseorang untuk bisa menduduki jabatan tertinggi dalam sebuah organisasi. Jadi pertimbangannya seperti itu, bukan yang lain-lain," beber Moeldoko.

Moeldoko juga tidak mempermasalahkan terkait Listyo Sigit yang telah melangkahi empat angkatan seniornya. Menurut dia, loncatan tersebut juga menjadi pertimbangan.

"Jadi pasti presiden sudah memikirkan untuk kepentingan yang lebih besar maka ada pertimbangan lain. Ini pilihan-pilihan, pendekatan pertama pendekatan senioritas pilihan kedua pilihan beberapa persyaratan tadi," kata Moeldoko.

"Bisa pendekatan senioritas apabila apa yang jadi pemikiran pak presiden tadi dari berbagai indikator itu terpenuhi," lanjut Moeldoko. [rhm]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini