Istana Soal Dua Tahun Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin: Melindungi-Memenuhi HAM

Kamis, 21 Oktober 2021 18:33 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Istana Soal Dua Tahun Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin: Melindungi-Memenuhi HAM Jokowi dan Maruf Amin. ©Istimewa

Merdeka.com - Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman mengklaim dua tahun pemerintah Presiden Joko Widodo-Wakil Presiden Ma'ruf Amin menciptakan keseimbangan antara penanganan pandemi, kebijakan keberlanjutan pembangunan nasional, serta pengawalan keadilan, hukum dan HAM.

Dia menjelaskan salah satunya kebijakan terkait keadilan, hukum dan HAM menjadi bagian penting dari implementasi transformasi yang progresif.

"Termasuk melindungi, memajukan, menegakkan, dan memenuhi HAM, juga hak konstitusional untuk melakukan kritik secara lisan dan tertulis," kata Fadjroel dalam keterangan tertulis, Kamis(21/10).

Tidak hanya itu, dia juga menjelaskan, Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut juga telah berupaya melakukan penanganan pelanggaran HAM berat masa lalu dalam proses juga pembaharuan KUHP. Tidak hanya itu penyelesaian kasus BLBI, dan Rencana Aksi Nasional HAM melalui Perpres No. 53 Tahun 2021.Keadilan juga kata dia ditandai oleh pelaksanaan PON XX Papua.

"Sehingga Indonesia bagian timur khususnya rakyat Papua memiliki kesempatan terhadap akses fasilitas olahraga berkualitas, pembuktian kapasitas SDM, dan berpartisipasi menjadi simbol persatuan Bangsa Indonesia," bebernya.

Program Sertipikat Tanah Gratis

Tidak hanya itu Jokowi juga melanjutkan program sertifikat tanah gratis untuk rakyat tidak mampu. Total keseluruhan kata dia yaitu 32,9 juta sertifikat per Mei 2021.

"Penanganan mafia pertanahan, penyelesaian konflik agraria," pungkasnya. [ded]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini