Istana: Sikap Indonesia Tak Pernah Berubah Kecam Serangan Israel Terhadap Palestina

Kamis, 20 Mei 2021 18:49 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Istana: Sikap Indonesia Tak Pernah Berubah Kecam Serangan Israel Terhadap Palestina bentrokan warga palestina dengan aparat keamanan israel di al aqsa. ©AFP

Merdeka.com - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menegaskan kembali bahwa pemerintah Indonesia tidak berubah untuk mengecam terhadap tindakan yang dilakukan Israel pada Palestina. Apalagi kata dia dari kejadian tersebut telah memakan korban dari orang tua hingga anak-anak.

"Pada dasarnya sikap Indonesia terhadap Palestina tidak pernah berubah dalam konteks situasi yang baru saja berkembang Indonesia telah mengecam atas tindakan kekerasan yaitu serangan secara eskalatif yang dilakukan Israel ke Gaza yang menewaskan banyak korban termasuk anak-anak dan perempuan," kata Moeldoko dalam video berdurasi 3 menit, Kamis (20/5).

Tidak hanya anak-anak dan kaum perempuan kata Moeldoko, mereka juga telah merusak kantor berita Associated Press (AP) dan Al Jazeera. Hal tersebut kata Moeldoko juga mejadi salah satu pelanggaran terhadap prinsip jurnalisme internasional.

"Indonesia juga sangat prihatin atas munculnya sebuah situasi di mana krisis kemanusiaan telah terjadi di sana, untuk itu sekali lagi sekali lagi sikap Indonesia mengecam dengan keras," ungkapnya.

Salah satu yang dilakukan pemerintah Indonesia kata Moeldoko yaitu Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Menteri Luar Negeri Retno Marsudi telah berkomunikasi dengan kepala negara lain. Hal tersebut kata Moeldoko sebagai upaya membantu agar masalah selesai dan tidak ada kekerasan terjadi di sana.

"Pertama bahwa Indonesia baik Presiden maupun Menteri Luar Negeri telah berkomunikasi dengan pemimpin berbagai negara agar apa? agar dapat membantu penyelesaian Palestina dan terutama untuk bisa mengakhiri tindak kekerasan sehingga korban jiwa tidak semakin bertambah, dan juga menghadirkan keadilan bagi masyarakat Palestin," bebernya.

Reporter: Lizsa Egeham [gil]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini