Istana Hormati Langkah Agus Rahardjo Gugat UU KPK ke MK

Kamis, 21 November 2019 13:50 Reporter : Merdeka
Istana Hormati Langkah Agus Rahardjo Gugat UU KPK ke MK Pramono Anung. ©2018 Merdeka.com/Nur Habibie

Merdeka.com - Sekretaris Kabinet Pramono Anung menghormati langkah tiga pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang mengajukan uji materi UU Nomor 9 tahun 2019 tentang KPK ke Mahkamah Konstitusi (MK).

"Indonesia adalah negara hukum, kita hormati sepenuhnya apa yang dilakukan oleh siapapun judicial review terhadap UU KPK," katanya di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (21/11).

Dia tak mau berkomentar lebih banyak soal uji materi UU KPK di KPK. Politikus PDIP itu menegaskan, pemerintah menyerahkan hal tersebut kepada majelis hakim serta menunggu apapun keputusan MK.

"Maka dengan demikian karena sudah masuk wilayah hukum di MK, tentu kita hormati dan menunggu apapun yang sudah diputuskan oleh MK, siapapun harus hormati dan menjalankan itu," jelasnya.

1 dari 1 halaman

Agus Rahardjo Tak Bawa Nama KPK

Tiga pimpinan KPK, Agus Rahardjo, Saut Situmorang, dan Laode Syarif melakukan uji materi UU KPK. Ketiganya tidak membawa nama institusi melainkan atas dasar pribadi.

Selain mereka, pemohon lainnya adalah eks Komisioner KPK Erry Riyana Hardjapamekas, eks Wakil Ketua KPK Moch Jasin, istri mendiang Nurcholis Madjid Omi Komaria Madjid.

Kemudian ada juga, eks Ketua Pansel KPK Betti S Alisjahbana, dosen IPB Hariadi Kartodihardjo, Dosen UI Mayling Oey, eks Ketua YLKI Suarhatini Hadad, pakar hukum Universitas Trisakti Abdul Ficar Hadjar, pendiri Partai Amanat Nasional, Abdillah Toha, dan Ketua Dewan Yayasan KEHATI Ismid Hadad.

Permohonan ini didukung 39 kuasa hukum yang datang dari koalisi masyarakat sipil, seperti Indonesia Corruption Watch (ICW), Yayasan Lembaga Bantuan Hukum (YLBHI), hingga LBH Jakarta.

Agus berharap, Presiden Joko Widodo atau Jokowi tetap mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu).

"Walaupun harapan kami juga masih pengin Presiden mengeluarkan Perppu," pungkas Agus.

Reporter: Lisza Egeham
Sumber: Liputan6.com [fik]

Baca juga:
Menko Mahfud Puji Langkah 3 Pimpinan Uji Materi UU KPK Hasil Revisi ke MK
Ketua KPK Terpilih Firli Bahuri Harap Upah Pegawai KPK Jadi ASN Tak Turun
Laode Nilai UU KPK Digugat karena Banyak Kesalahan Formil
Agus-Laode-Saut Ajukan Uji Materi ke MK: Ingin Jokowi Terbitkan Perppu KPK
Bersama Koalisi Masyarakat Antikorupsi, Pimpinan KPK Ajukan Judicial Review UU di MK
Pimpinan KPK Ajukan Judicial Review UU No.19 Tahun 2019 ke MK

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini