Irjen Listyo Sigit Prabowo, Mantan Ajudan Jokowi Naik Jabatan Jadi Kabareskrim

Jumat, 6 Desember 2019 13:02 Reporter : Ronald
Irjen Listyo Sigit Prabowo, Mantan Ajudan Jokowi Naik Jabatan Jadi Kabareskrim Kapolda Banten Brigjen Listyo Sigit Prabowo. ©2018 Merdeka.com/Dwi Prasetya

Merdeka.com - Mantan ajudan Presiden Joko Widodo, Irjen Pol Listyo Sigit Prabowo mendapat promosi jabatan. Pangkat bintang di pundak Listyo bakal bertambah. Dia akan menjabat Kabareskrim Polri. Posisi yang sejak sebulan lalu kosong setelah ditinggalkan Idham Azis yang ditunjuk Presiden Joko Widodo menjadi Kapolri.

Kepastian ini berdasarkan telegram rahasia Kapolri bernomor ST/3229/XII/KEP/2019. Di dalamnya tertera, Irjen Listyo dipromosikan dalam jabatan baru sebagai Kabareskrim. Sebelum menjadi Kabareskrim, Listyo menjabat sebagai Kadiv Propam Polri.

Pengganti Listyo di Kadiv Propam adalah Brigjen Ignatius Sigit Widiatmono. Dengan jabatan baru ini, Sigit juga mendapat pangkat baru sebagai jenderal bintang dua.

"Mutasi ini adalah hal yang alami dalam organisasi Polri sebagai tour of duty n tour of area, penyegaran, promosi dan dalam rangka peningkatan performa kinerja organisasi menuju SDM unggul dan promoter," ujar Karo Penmas Polri Brigjen Argo Yuwono.

Dengan jabatan baru sebagai kabareskrim, maka Listyo akan berpangkat jenderal bintang 3. Listyo juga tercatat sebagai jebolan akpol angkatan 1991 pertama yang bergelar jenderal bintang 3.

Sigit merupakan mantan ajudan Jokowi pada 2014 lalu sebelum naik pangkat jadi Kapolda. Dia pernah menjadi Kapolres Pati, Wakapoltabes Semarang, dan Kapolres Solo dan Kapolda Banten.

Karir jebolan Akademi Kepolisian (1991) ini terbilang moncer. Beberapa rekan seangkatannya masih menjabat pos bintang satu, seperti Karomisinter Divhubinter Polri Brigjen Krishna Murti, Dirtipid Siber Bareskrim Polri Brigjen Fadil Imran dan Karopenmas Mabes Polri M Iqbal yang ditunjuk menjadi Wakapolda Jawa Timur. [noe]

Topik berita Terkait:
  1. Kabareskrim
  2. Mutasi Polri
  3. Polri
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini