Irjen Firli Ditarik dari KPK ke Polda Sumsel Karena Dianggap Sukses di NTB

Jumat, 21 Juni 2019 13:45 Reporter : Nur Habibie
Irjen Firli Ditarik dari KPK ke Polda Sumsel Karena Dianggap Sukses di NTB Pelantikan Deputi Penindakan KPK. ©2018 Liputan6.com/Herman Zakharia

Merdeka.com - Mabes Polri menarik Irjen Firli dari Deputi Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Firli mendapat promosi jabatan Kapolda Sumatera Selatan.

Karo Penmas Mabes Polri, Brigjen Polri Dedi Prasetyo, mengatakan, alasan Polri menarik Irjen Firli karena karena dibutuhkan dari sisi organisasi. Firli juga dinilai sukses saat memimpin Polda NTB.

"Beliau memiliki pengalaman yang cukup sukses ketika memimpin sebagai kapolda di NTB. Baik dari sisi pemeliharaan situasi kamtibmas di NTB. Karena di NTB ada beberapa wilayah yang memang cukup rawan terhadap kelompok terorisme," katanya di Mabes Polri, Jumat (21/6).

Selain itu, katanya, Firli juga dinilai cukup dengan dekat dengan masyarakat Sumsel.

"Beliau cukup dekat dengan masyarakat dan karakter di Sumsel. Beliau cukup berhasil oleh karenanya Mabes Polri merasa perlu menarik yang bersangkutan dan yang bersangkutan diberikan promosi sebagai kapolda Sumsel," katanya.

Posisi Irjen Firli saat ini sementara diisi Plt yang diangkat dari Direktur Penyidikan RZ Panca Putra Simanjuntak. Sampai kapan posisi bidang penindakan diisi plt, Dedi meminta dikonfirmasi pada KPK.

Namun dia pastian, Polri akan tetap mengisi posisi tersebut. Saat ini, Polri sedang menyiapkan perwira tinggi yang berkompetensi mengisi jabatan tersebut.

"Polri akan menyiapkan perwira-perwira tinggi yang memiliki kompetensi untuk mengikuti seleksi karena itu open bidding untuk menduduki jabatan eselon 1A. Kita akan mempersiapkan calon-calon terbaik dan bisa duduk di jabatan tersebut," katanya.

Reporter: Nanda Perdana Putra

Sumber: Liputan6.com [lia]

Topik berita Terkait:
  1. Mutasi Polri
  2. KPK
  3. Jakarta
  4. Firli Bahuri
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini