Irjen Basaria Panjaitan, perempuan pertama jadi pimpinan KPK

Kamis, 17 Desember 2015 20:32 Reporter : Dieqy Hasbi Widhana
Irjen Basaria Panjaitan, perempuan pertama jadi pimpinan KPK brigjen pol basaria panjaitan. ©2015 instagram.com/polri.go.id

Merdeka.com - Komisi III DPR telah memilih lima orang calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2015-2019. Salah satu yang lolos adalah Irjen Basaria Panjaitan.

Sejak KPK lahir, baru kali ini ada perempuan yang lolos menjadi pimpinan. Basaria meraih 51 suara, berada satu tingkat di bawah Agus Rahardjo yang mendapat 53 suara.

Basaria merupakan jebolan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1984. Saat ini dia menjabat sebagai Sahlisospol Kapolri.

Saat memutuskan maju sebagai calon pimpinan KPK, dia mendapatkan dukungan dari mantan atasannya di Lemdikpol yang kini menjabat sebagai Wakapolri Komjen Pol Budi Gunawan. Kala itu Basaria menjabat Widyaiswara Madya Sespim Polri Lemdikpol.

Saat fit and proper test di DPR, Basaria mengatakan, KPK hingga kini kurang maksimal melakukan supervisi. Hal ini terbukti dengan adanya kisruh pimpinan KPK jilid II dan III.

"KPK melaksanakan supervisi sangat minim. Ini berimbas pada keributan dan KPK menjadi pesaing. Maka harus dikembalikan pada niat awal. Koordinasi merupakan pintu supervisi," tuturnya.

Semoga Basaria bisa obyektif dan tidak konflik kepentingan saat mengusut kasus! [did]

Topik berita Terkait:
  1. Capim KPK
  2. Jakarta
  3. Pimpinan KPK Baru
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini