Interpol Sempat Kirim Notifikasi Soal Masa Berlaku Red Notice Djoko Tjandra pada 2019

Kamis, 19 November 2020 21:20 Reporter : Bachtiarudin Alam
Interpol Sempat Kirim Notifikasi Soal Masa Berlaku Red Notice Djoko Tjandra pada 2019 Djoko Tjandra Jalani Sidang Lanjutan Suap Penghapusan Red Notice. ©2020 Liputan6.com/Helmi Fithriansyah

Merdeka.com - Kabag Hubinter Mabes Polri, Bartolonius I Made Oka Pramono, mengaku pihaknya sempat mendapatkan notifikasi atau pemberitahuan dari interpol terkait masa batas waktu terkait status red notice Djoko Tjandra pada awal 2019. Hal itu dia ungkap saat menjadi saksi di persidangan kasus Red Notice Djoko Tjandra.

"Pernah. Saya harinya tidak terlalu ingat tapi kurang lebih 2019 dapat alert atau warning dari Lyon terkait notifikasi dari interpol," ujar Bartolonius pada saat persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat, Kamis (19/11).

Jaksa balik bertanya bagaimana akses untuk mendapatkan informasi tersebut.

"Enggak bisa. Itu hanya bisa lewat NCB Jakarta," jawabnya.

Kemudian, jaksa mencecar lagi isi dari notifikasi yang dikirimkan interpol terkait batas waktu status red notice Djoko Tjandra.

"Bahwa masa kedaluwarsa red notice sudah mau habis karena hampir mendekati waktu habisnya. Sehingga dari Lyon nanya mau diperpanjang atau tidak," beber Bartolonius.

"Ini berakhirnya kapan? Itu kan tanggal 10 Januari dengan saudara bilang hampir 6 bulan terakhir logikanya 10 Juni. Di situ tertulis review 10 Juni, betul?" timpal jaksa.

"Mungkin berkaitan dengan surat ini kurang jelas karena memang itu tugas pokok saya terima dan saya salurkan ke TAUD tata urusan dalam. Untuk surat ke TAUD saya tidak monitor lagi," jawab dia.

Bartolonius menambahkan, biasanya pemberi tahunan jatuh tempo reda notice 6 atau 3 bulan sebelum masa berlakunya habis.

"Itu warning sudah mendekati habis mendekati 2019. Tepatnya surat itu (disampaikan) pada 10 Januari," jelas Bartolonius.

Bartolonius mengakui tidak memberitahu soal batas waktu red notice Djoko kepada atasannya, baik kepada Kadivhubinter maupun Kepala NBC.

Baca Selanjutnya: Sempat Disuruh Irjen Napoleon Cek...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini