Ini Upaya Tekan Kasus Aktif saat Pelonggaran Aturan Covid-19 Diterapkan

Sabtu, 21 Mei 2022 07:32 Reporter : Merdeka
Ini Upaya Tekan Kasus Aktif saat Pelonggaran Aturan Covid-19 Diterapkan vaksinasi massal. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Pemerintah secara resmi mulai melonggarkan kewajiban penggunaan masker khusus di ruang terbuka (outdoor). Kebijakan ini diumumkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam konferensi pers, Selasa (17/5), sebagai bagian dari pelonggaran gradual penanganan pandemi Covid-19.

Agar menjaga kasus aktif tidak melonjak di tengah pelonggaran aturan Covid-19, Badan Intelijen Negara (BIN) menggencarkan kegiatan vaksinasi, seperti yang terlihat di hampir semua kabupaten dan kota di Sulawesi Utara. Bekerjasama dengan Dinas Kesehatan setempat, BIN Daerah Sulut (Binda Sulut) terjun ke semua wilayah, baik di perkotaan dan pedesaan maupun wilayah 4T (terpencil, terjauh, terdalam, terluar).

"Pemerintah melonggarkan aturan penggunaan masker untuk aktivitas di ruangan terbuka yang tidak padat orang. Hal ini perlu kita kawal dengan melanjutkan percepatan vaksinasi, guna memastikan terbentuknya kekebalan komunal di semua wilayah di Sulut," ujar Kabag Ops Binda Sulut, Kolonel Inf. Andi Anshar, Jumat (20/5).

Menurutnya, ini adalah proses menuju masa transisi dari pandemi menuju endemi. Tugas BIN adalah menggalang sinergi semua elemen Bangsa untuk menciptakan suasana dan kondisi yang stabil serta angka kasus yang terus menurun dengan percepatan vaksinasi.

"Pelayanan vaksinasi primer maupun booster terus diberikan kepada masyarakat, mengingat masih adanya masyarakat yang belum menuntaskan tahapan vaksinasinya," terangnya.

Lebih lanjut Andi Anshar menuturkan total capaian vaksinasi BIN di Sulut selama empat bulan lebih pada 2022 ini telah mencapai 336.535 dosis. Adapun dosis yang disediakan yakni vaksinasi primer (dosis pertama dan kedua) serta dosis ketiga (booster).

"Progres capaian kerja sama BIN Daerah Sulut dengan Dinas Kesehatan serta stakeholder terkait lainnya telah berhasil menyuntikan vaksin sebanyak 336.535 dosis kepada masyarakat," katanya. [rhm]

Baca juga:
Pria di Jepang Habiskan Uang Bantuan Covid untuk Seluruh Penduduk Kota di Meja Judi
Korea Utara Sarankan Warganya Berkumur Air Garam untuk Obati Covid-19
Update Covid-19 Hari Ini 20 Mei 2022: Kasus Tambah 250 Positif
Penelitian: Pengobatan Tradisional China Bisa Sembuhkan Kasus Covid Ringan
Serak saat Pidato di Paripurna DPR, Sri Mulyani: Ini Bukan Covid, Saya Sudah Sehat
Ketua DPR: Harkitnas 2022 jadi Momentum Bangkit dari Covid-19

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini