Ini tips untuk Ibu Ani main instagram

Kamis, 7 November 2013 08:00 Reporter : Laurel Benny Saron Silalahi
Ini tips untuk Ibu Ani main instagram Ibu Ani Yudhoyono keliling Istana Bogor. ©2013 Merdeka.com/Yulistyo Pratomo

Merdeka.com - Ibu Negara Ani Yudhoyono tercatat sudah 3 kali terlibat perseteruan dengan para followers-nya di media sosial Instagram. Reaksi ibu Ani yang berlebihan saat merespon komentar-komentar negatif terkait foto-foto yang ia unggah di akun miliknya, hal itu pun disesalkan oleh sebagian rakyat Indonesia.

Tidak tanggung-tanggung Istri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini, pernah menyebut kata 'bodoh' dalam komentarnya.

Pengamat sosial media, Enda Nasution menilai, seharusnya Ibu Ani bisa lebih bijak menyikapi komentar-komentar pada akun Instagramnya yang dirasa menyinggung perasaannya. Apalagi, menurut Enda, para pengguna media sosial sendiri banyak tersebar di seluruh Indonesia dan memiliki karakter serta pemikiran yang berbeda-beda setiap orangnya.

"Saya melihat ada dua sisi di sini. Dengan dia (Ibu Ani) menjawab para pengomentar itu sangat positif bagi saya, artinya dia mau membaca. Karena banyak publik figur dan politisi tidak membaca dan merespon akun media sosialnya. Sisi negatifnya, sebagai ibu negara bagaimana juga foto dia bakal dilihat orang banyak, dan sudah jadi resiko jika ada komentar yang tidak menyenangkan. jadi kalau saya bisa saran, beliau jangan emosional dan bisa menahan diri," kata Enda saat dihubungi merdeka.com, Rabu (6/11).

Enda mengatakan, gelar ibu negara yang diemban ibu Ani adalah merupakan tanggung jawab besar baginya. Sebab, apapun yang dia ucapkan pada sosial media akan menjadi pemberitaan di berbagai media. Enda memberikan tips kepada ibu Ani agar kejadian ini tidak terulang kembali di kemudian hari.

"Jadi saya menyarankan kepada beliau, agar tidak menanggapi komentar-komentar yang sekiranya menyinggung perasaan. Sekalipun berkomentar, setidaknya bisa jaga diri dan tidak emosional, balas saja dengan kata-kata yang bijak, atau bahkan tidak perlu direspon," ucapnya.

Enda mengatakan, cara ibu Ani menggunakan media sosial sebagai alat untuk dekat dengan rakyatnya dinilai sudah baik dan tidak salah. Namun karena posisinya sebagai seorang istri Presiden, Enda menilai hal tersebut jadi lebih berbeda dibandingkan akun-akun lainnya.

"Sebagai pribadi semua orang berhak punya medsos, konsekuensinya beliau bukan sebagai pribadi tapi sebagai seorang istri Presiden, saya gak bisa melarang beliau untuk berhenti. Saya juga menghargai kalau medsos ini dilakukan untuk komunikasi dengan audience, jadi saya rasa gak ada salahnya ibu negara memiliki akun medsos," tandasnya. [tyo]

Baca juga:
Kenapa Ibu Ani suka sewot di Instagram?
Saat Ibu Ani sering 'digoda' follower-nya di Instagram
Ketika Ibu Ani bela Ibas di Instagram soal baju lengan panjang

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Instagram Ani Yudhoyono
  3. Ani Yudhoyono
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini