Ini tiga sosok polisi yang layak jadi pahlawan nasional

Kamis, 12 September 2013 08:03 Reporter : Ramadhian Fadillah
Ini tiga sosok polisi yang layak jadi pahlawan nasional
1. Komjen Pol Soekanto Tjokrodiatmodjo

Merdeka.com - Komisaris Jenderal (Pol.) Raden Said Soekanto Tjokrodiatmodjo merupakan Kepala Kepolisian pertama Republik Indonesia. Soekant menjabat selama 14 tahun. Mulai 1945 sampai 1959.

Soekanto lahir di Bogor 7 Juni 1908. Dia lulus pendidikan Aspirant Commisaris Van Poiitie tahun 1933. Sangat sedikit orang pribumi yang bisa mengikuti pendidikan elite tersebut. Wajar saja, ini sekolah untuk komandan polisi. Dia sempat bertugas di Semarang dan Kalimantan.

Saat Jepang masuk, Soekanto bergabung dengan kepolisian Jepang dan diangkat menjadi Itto Keishi (Komisaris Tingkat I). Dia kemudian mengusulkan untuk membentuk sekolah polisi. Soekanto kemudian menjadi instruktur sekolah polisi di Sukabumi.

Saat Indonesia memproklamasikan kemerdekaan, Soekanto langsung menurunkan bendera Jepang dan bersama anak didiknya merebut senjata mereka. Pada 29 September 1945, Presiden Soekarno menunjuk Soekanto membentuk Polisi Nasional.

Banyak hal yang dirintis Soekanto, sebagai kapolri pertama dia banyak meletakkan dasar untuk kepolisan RI, kata sejarawan Asvi Warman Adam.

Soekanto merintis Resimen Pelopor, Polisi Air dan Udara serta Polisi Perintis, Polisi Kereta Api, Polisi Wanita. Soekanto juga yang membuat Tri Brata Polri. Jenderal ini dikenal sederhana.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini