Ini profil Bupati Ogan Ilir yang diciduk BNN saat pesta sabu

Senin, 14 Maret 2016 13:20 Reporter : Muhamad Agil Aliansyah
Bupati Ogan Ilir. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Petugas badan Narkotika Nasional (BNN) Pusat dan BNN Provinsi Sumsel meringkus Bupati Ogan Ilir, Ahmad Wazir Noviadi atau kerap disapa Ovi, pada Minggu (13/3) malam. Ovi ditangkap bersama empat orang rekannya saat tengah asyik pesta narkoba di rumah kediaman orangtuanya yang juga eks Bupati Ogan Ilir, Mawardi Yahya.

Menurut Kabid Pemberantasan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumsel, AKBP Minal Alkarhi, penggerebekan Ahmad Wazir Noviadi, sudah diagendakan namun menunggu waktu yang tepat. Bahkan, dari informasi yang diterimanya, BNN pusat sebelumnya berencana menggerebek pada saat menjelang pelantikan bupati serentak 7 Februari 2016 lalu di mana saat itu ada dugaan Ovi mengonsumsi sabu.

"Waktu jelasnya saya kurang tahu, tapi sudah lama. BNN pusat yang menyelidikinya dari awal," kata Minal, Senin (14/3).

Seperti diketahui, Ovi dilantik pada 17 Februari 2016 lalu. Ia merupakan bupati muda yang terpilih dalam Pilkada serentak 2016 dengan usianya saat itu 27 tahun (lahir pada 22 November 1988).

Ovi terpilih menjadi bupati berpasangan dengan wakilnya Ilyas Pandji Alam setelah mengalahkan pasangan pembawa acara Helmy Yahya-Muchendi Mahazarekki dan Sobli Rozali-Taufik Toha. Pasangan Noviadi-Panji ini didukung PDI-P dan Golkar serta Hanura, PPP dan juga PKS sementara pasangan Helmy-Muchendi didukung partai NasDem dan Demokrat.

Pasangan Noviadi-Panji Alam memimpin Ogan Ilir setelah memperoleh 107.578 suara. Sedangkan pesaingnya, Helmi Yahya-Mushendi hanya meraih 94.144 suara. Hasil itu sempat membuat Helmy tak terima dengan mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi. Namun gugatannya ditolak. Noviadi-Panji Alam tetap menjadi pemenang. Keduanya secara resmi dilantik menjadi Bupati dan Wakil Bupati Ogan Ilir periode 2016-2021 pada 17 Februari lalu.

Dalam laporan harta kekayaan penyelenggara negara, Ovi memiliki kekayaan sekitar Rp 20 miliar. Kekayaannya itu berasal dari harga bergerak yaitu mobil Marcedes Benz dan juga Jeep Wrangler, Range Rover dan CR-V dengan nilai total Rp 11 miliar.

Sebelum menjabat Bupati, Ovi merupakan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Ogan Ilir periode 2014-2019 dari Partai Golkar. Dia merupakan putra Mawardi Yahya, yang sebelumnya memimpin Ogan Ilir selama dua periode dan juga diketahui sebagai politikus Golkar. [gil]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini