Ini Peran 24 Terduga Teroris Kelompok MIT Poso dan Pendukung ISIS

Selasa, 17 Mei 2022 17:21 Reporter : Nur Habibie
Ini Peran 24 Terduga Teroris Kelompok MIT Poso dan Pendukung ISIS Densus 88. ©2021 Antara

Merdeka.com - Polri mengungkapkan peran dan keterlibatan 24 orang terduga teroris kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Poso dan pendukung ISIS. Puluhan terduga teroris diduga terlibat kegiatan pelatihan dan baiat terorisme.

"Keterlibatan dari 24 orang tersangka yang telah diamankan dan ditangkap oleh Densus 88 yaitu secara umum mereka beberapa kali mengikuti giat idat atau pelatihan-pelatihan, kemudian telah melakukan kegiatan baiat kepada Amirul Mukminin," kata Ramadhan kepada wartawan, Selasa (17/5).

"Di mana kita ketahui organisasi ISIS sudah memiliki pemimpin yang baru. Jadi, beberapa orang ini telah melakukan baiat kepada pemimpin ISIS yang baru yaitu Abu Hasan Al hasim Al Quraisy," sambungnya.

Selain itu, mereka melakukan kegiatan idat di daerah ampana Kabupaten Tojo Una-Una, Provinsi Sultengkata Ahmad. Para terduga teroris juga diduga membantu menyiapkan sejumlah logistik terhadap teroris kelompok MIT. Mulai dari informasi, senjata api hingga amunisi.

"Termasuk logistik amunisi dan menyembunyikan informasi-informasi terkait dengan kegiatan MIT Poso itu sendiri," ujar dia.

2 dari 2 halaman

Densus 88 menangkap sebanyak 24 orang terduga teroris. Mereka yang diamankan itu diduga tergabung dalam kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Poso. Mereka diketahui berinisial MIR, BSS, ETO, MB, IS, FS, TT, SH, H, AWS, DRM, TL, AMW, MN, EA, DM, S, R, LY, RK, ISR, MAM, K dan FS.

"Penangkapan dilakukan hari Sabtu, tanggal 14 Mei 2022," kata Karopenmas Div Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan dalam keterangannya, Senin (16/5).

Ia menjelaskan, para terduga teroris itu diamankan di sejumlah lokasi atau daerah seperti di Kalimantan Timur (Kaltim) dan Sulawesi Tengah (Sulteng).

Untuk di Kalimantan Timur, Densus 88 telah menangkap sebanyak 22 orang terduga teroris yang bergabung atau mendukung kelompok MIT dan juga ISIS.

"24 ditangkap para pendukung MIT Poso dan ISIS. 22 di Sulteng, satu di Bekasi dan satu di Kaltim," tutupnya. [ray]

Baca juga:
Tangkap 24 Terduga Teroris MIT, Densus 88 Sita 10 Senjata Api, Amunisi & Panah
Densus 88 Tangkap Puluhan Warga Poso dan Ampana Diduga Terlibat Kelompok Teroris
Densus 88 Tangkap 24 Terduga Teroris Pendukung MIT Poso dan ISIS
Dua Napiter Bebas, Total 8 Orang Keluar dari Penjara di Jatim Tahun Ini
Napiter Husein Hasny Nikahkan Putri Sulungnya di Rutan Polda Metro

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini