Ini penyebab server down di hari pertama UNBK SMP

Rabu, 25 April 2018 17:19 Reporter : Merdeka
Ini penyebab server down di hari pertama UNBK SMP Mendikbud Muhadjir Effendy. ©2016 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Hari pertama Ujian Nasional Berbasih Komputer (UNBK) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) sempat mengalami kendala. Sejumlah server mengalami down.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy, menjelaskan penyebab masalah tersebut. Menurutnya, jumlah peserta UNBK naik 30 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

"Peserta UNBK untuk SMP dan Tsanawiyah itu meledak jumlahnya, tahun lalu cuma 32 persen . Tapi tahun ini melonjak jad 64 persen, jadi dua kali lipat," kata Muhadjir di Restoran Pulau Dua, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (25/4/2018).

Meningkatnya peserta, kata dia, mengakibatkan server overload selama 30 menit di awal saat ujian. Sebab seluruh sekolah mengkoneksikan dengan server pusat secara bersamaan.

"Karena ada momen semua sekolah ke server pusat secara bersamaan, maka kemudian garenya tidak bisa menampung server yang masuk semuanya. Istilahnya ada sumbatan di pintu server," ucapnya.

Pihaknya langsung mengalihkan ke server cadangan dan proses tersebut memakan waktu 30 menit. Lanjut dia, secara substansif tidak terdapat hambatan selama pelaksanaan UNBK tersebut.

"Seandainya ada, faktor psikologis siswa mungkin ada kepanikan ada ketidaknyamanan akibat penundaan," ucapnya.

Sebelumnya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyampaikan permintaan maaf terkait adanya kendala pada pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Sekolah Menengah Pertama (SMP) di hari pertama. Kendala itu berupa gangguan server di beberapa daerah yang mengakibatkan terjadinya penundaan ujian beberapa menit.

“Kami menyampaikan permintaan maaf atas adanya gangguan server pada pelaksanaan UNBK hari ini yang mengakibatkan tertundanya pelaksanaan ujian beberapa menit,” kata Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat (BKLM), Kemendikbud Ari Santoso di Mataram, Nusa Tenggara Barat, Senin (23/04/2018).

Gangguan tersebut, kata Ari, terdapat di server pusat. Bagi sekolah-sekolah yang terkena dampak gangguan tersebut, Kemendikbud memberikan solusi dengan beberapa pilihan.

Reporter: Ika Defianti

Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
Mendikbud kembali banjir kritikan usai UNBK, kali ini soal Kurikulum 2013
Penyebab listrik di Depok padam saat UNBK karena ada burung tersetrum
Semangat siswa SMP Luar Biasa ikuti Ujian Nasional
Listrik padam selama 20 menit saat siswa SMP di Depok kerjakan UNBK
Pantau UNBK, Ombudsman temukan pemberian 'amplop' kepada Tim Pemeriksa
Gangguan server di hari pertama UNBK SMP, Kemendikbud minta maaf

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini