KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Ini penyebab elektabilitas Prabowo-Hatta terus naik

Minggu, 29 Juni 2014 14:27 Reporter : Jatmiko Adhi Ramadhan
Prabowo Subianto hadiri diskusi kebudayaan di TIM. ©2014 merdeka.com/muhammad lutfhi rahman

Merdeka.com - Hasil survei yang dilakukan Indo Barometer pada 16-22 Juni 2014 diketahui, elektabilitas pasangan Prabowo - Hatta terus mengalami kenaikan. Saat ini elektabilitas Prabowo - Hatta 42,6 % dan Jokowi - JK 46%. Sedangkan pemilih yang belum memutuskan mencapai 11,3%.

Survei itu dipublikasikan hari ini, Minggu (29/6). Apa penyebab suara Prabowo - Hatta terus mengalami kenaikan?

Pertama adalah mesin politik koalisi Prabowo - Hatta mulai bangkit. "Kedua, pemilih Islam mulai mengarah ke Prabowo - Hatta," kata Direktur Eksekutif Indo Barometer M. Qodari.

Selain itu, efek Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) juga mulai terasa. "Ada juga promo mulut ke mulut Prabowo - Hatta lebih kuat," jelasnya.

Pemilih juga melihat pasangan Prabowo- Hatta juga dinilai unggul dalam debat capres. "Mayoritas pendukung Prabowo-Hatta menentukan pilihan pada kampanye dan hari tenang," katanya.

Padahal pada survei Indo Barometer tanggal 28 Mei-4 Juni 2014 atau tepat sebelum pelaksanaan kampanye pilpres resmi dimulai, pasangan Jokowi - JK masih unggul jauh. Jokowi - JK 49,9% dan Prabowo Hatta 36,5%. Dan jumlah pemilih yang belum memutuskan/rahasia/tidak menjawab adalah 13,5%. [has]

Rekomendasi Pilihan

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.