Ini penampakan nelayan yang coba diselamatkan AL China dari TNI AL

Senin, 21 Maret 2016 14:01 Reporter : Yulistyo Pratomo
KM Kway Fey 10078. ©2016 Twitter.com/Ditjen PSDKP-KKP RI

Merdeka.com - Kementerian Kelautan dan Perikanan bersama TNI AL terus menggelar operasi gabungan untuk menangkap para pencuri ikan di laut Indonesia. Hasilnya, sebuah kapal milik nelayan asal China tertangkap sedang mengambil ikan dan memasuki perairan Natuna secara ilegal.

Delapan nelayan berhasil ditangkap setelah petugas dari KP Hiu melompat masuk dan melumpuhkan seluruh awak kapal. Rupanya, AL China tak mau tinggal diam, mereka langsung mendekat dan menarik paksa kapal tersebut hingga masuk perairan yang diklaim.

Lewat akun Twitter resmi @humaspsdkp, Selasa (21/3), petugas Indonesia memperlakukan para nelayan tersebut dengan baik. Bahkan, salah seorang di antaranya mengajak mereka berbincang dan memberikan makanan.

Nelayan China curi ikan di Indonesia ©2016 Twitter.com/Ditjen PSDKP-KKP RI


Beberapa orang nampak duduk beralaskan lantai kapal, terdapat seorang wanita yang ikut dibekuk dalam operasi tersebut. Sayangnya, kapal mereka, yakni KM Kway Fey 10078 gagal dibawa karena berhasil dilarikan AL China.

Sebelumnya, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengaku mendapatkan perlawanan saat menangkap Kapal Motor Kway Fey 10078. Kapal pelaku pencurian ikan di Kepulauan Riau, Natuna, tersebut dihalangi kapal penjaga pantai atau Coastguard Cina.

"Kapal tersebut tetap berusaha melarikan diri dengan zig-zag, sehingga Kapal Pengawas (KP) Hiu 11 mendekat dan tidak bisa menghindari tabrakan dengan pelaku," tutur Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti kepada wartawan di Rumah dinasnya, Kompleks Widya Chandra, Jakarta, Minggu (20/3).

KM Kway Fey 10078 ©2016 Twitter.com/Ditjen PSDKP-KKP RI


Susi melanjutkan, sebanyak tiga personel KP Hiu 11 kemudian melompat ke KM Kway Fey 10078 dan berhasil melumpuhkan awak kapal. Namun, kapal berhasil dibawa kabur oleh costguard asal Cina yang datang merapat.

"Delapan ABK kapal tangkapan dipindahkan ke KP Hiu 11. Pemeriksaan dan pemindahan ABK kapal tangkapan di KP Hiu lalu dibawa. Tapi bukti berhasil dibawa kabur, di sini Cina arogan," ujar Susi. [tyo]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.