Ini Momen Persahabatan Jokowi & Prabowo Saat Pelantikan Presiden 2014 & 2019

Senin, 21 Oktober 2019 06:40 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
Ini Momen Persahabatan Jokowi & Prabowo Saat Pelantikan Presiden 2014 & 2019 Jokowi Selfie Bareng Prabowo. ©2019 Istimewa

Merdeka.com - Sudah dua kali Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto bertemu dalam pemilu presiden, tepatnya pada 2014 dan 2019. Pada 2014, pertarungan keduanya cukup sengit. Kala itu, Prabowo Subianto berpasangan dengan Hatta Rajasa dengan nomor urut 01. Sedangkan Jokowi berpasangan Jusuf Kalla dengan nomor urut 02.

Pada 2019, Jokowi dan Prabowo kembali bertemu dalam pemilu presiden. Jokowi berpasangan dengan Ma'ruf Amin dengan nomor urut 01, dan Prabowo berpasangan dengan Sandiaga Uno dengan nomor urut 02.

Dalam dua pilpres tersebut, pertarungan Jokowi dan Prabowo selalu panas. Namun, berujung dengan perdamaian setelah pilpres usai.

Bahkan dalam pidato Jokowi saat pelantikan presiden menyebut Prabowo Subianto sebagai sahabat baiknya. Pujian itu kemudian dibalas dengan sikap hormat dari Prabowo. Berikut momen saling menghormati Jokowi dan Prabowo saat acara pelantikan presiden 2014-2019:

1 dari 4 halaman

Pertarungan Sengit Jokowi dan Prabowo di Pilpres 2014

Jokowi dan Prabowo pertama kali bertemu dalam pilpres 2014. Kala itu, pasangan Jokowi-JK memperoleh suara 70.997.833 dengan 53,15 persen. Sementara pasangan Prabowo-Hatta memperoleh suara 62.576.444 dengan 46,85 persen.

Hasil penghitungan itu tidak bisa diterima oleh pihak pasangan Prabowo-Hatta. Kubu nomor urut 1 menduga ada kecurangan dan melaporkan ke Mahkamah Konstitusional. Namun sidang putusan MK memutuskan tak menerima gugatan tersebut.

2 dari 4 halaman

Jokowi Sebut Sahabat, Prabowo Beri Hormat

Meski MK dianggap tidak menanggapi bukti dan laporan kecurangan secara maksimal, Prabowo-Hatta tetap legowo menerima kekalahan. Prabowo menerima semua ketetapan dan pemenang Pilpres.

"Dulu, saya merasa tidak diperlakukan dengan baik. Hakim MK, bukti yang kita kumpulin, dibuka saja tidak mau. Apakah saya mencaci? Berontak? saya malah datang ke pelantikan lawan saya," ucap Prabowo.

Pada pelantikan presiden 2014, Prabowo Subianto menghadiri acara resmi tersebut. Kala itu, Jokowi-JK resmi menjadi presiden dan wakil presiden periode 2014-2019.

Setelah sumpah diucapkan, Jokowi membacakan pidato pertamanya sebagai presiden. Satu per satu nama disebutkan dalam kalimat pengantar pidatonya. Termasuk pasangan mantan rivalnya, Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa.

"Rekan dan sahabat saya, Pak Prabowo," sapa Jokowi dalam pidatonya di hari pelantikan sebagai presiden.

Mendengar namanya disebut Jokowi, Prabowo lantas berdiri. Mantan Danjen Kopassus itu kemudian memberikan hormat militernya pada sang presiden.

Riuh tepuk tangan pun bergema di seisi ruangan kala melihat pemandangan itu. Prabowo lantas duduk setelah memberikan hormat.

3 dari 4 halaman

Pertarungan Jokowi & Prabowo di Pilpres 2019

Dalam Pilpres 2019, Jokowi dan Prabowo kembali bertemu memperebutkan kursi orang nomor satu di Indonesia. Jokowi berpasangan dengan Ma'ruf Amin dengan nomor urut 01 dan Prabowo berpasangan dengan Sandiaga Uno dengan nomor urut 02.

Persaingan makin sengit. Kedua kubu saling serang dan saling kritik. Setelah setahun persaingan terjadi, tepat pada 15 Mei 2019, KPU menetapkan hasil akhir suara yang didapat dari 33 provinsi Indonesia. Pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin mendapat 85.607.362 suara dengan 55,5 persen dan pasangan Prabowo-Sandi mendapat 68.650.239 suara dengan 44,5 persen.

Kubu Prabowo-Sandiaga tak terima hasil penghitungan KPU. Mereka menduga ada kecurangan yang terjadi dalam proses pemilu presiden itu. Seperti pada 2014, kubu Prabowo-Sandiaga memberikan bukti dan laporan kecurangan kepada MK. Namun kembali, mereka kalah di MK.

4 dari 4 halaman

Di Pelantikan Jokowi Kembali Sebut Sahabat & Prabowo Beri Hormat

Setelah MK menolak laporan dan bukti yang diberikan pada kubu Prabowo-Sandiaga, akhirnya Jokowi-Ma'ruf Amin ditetapkan sebagai presiden dan wakil presiden periode 2019-2024.

Jokowi-Ma'ruf Amin dilantik menjadi presiden dan wakil presiden di Gedung MPR pada 20 Oktober 2019. Prabowo Subianto kembali menghadiri acara resmi itu, dengan didampingi Sandiaga Uno.

Dalam acara pelantikan itu, Jokowi sempat memberikan pidato. Saat membuka pidato, Jokowi menyampaikan salam hormatnya kepada para mantan presiden dan wakil presiden yang hadir.

Tak lupa, Jokowi turut menyapa Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno. "Yang saya hormati sahabat baik saya Prabowo dan Sandiaga," ujar Jokowi.

Mendengar namanya disebut, Prabowo dan Sandiaga kompak berdiri dan memberi hormat kepada Jokowi. Tentu saja momen ini mendapat tepuk tangan yang sangat riuh di dalam ruangan tersebut.

[dan]
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini