Ini lima oleh-oleh murah meriah khas Bogor

Jumat, 3 April 2015 16:04 Reporter : Siti Nur Azzura
Ini lima oleh-oleh murah meriah khas Bogor Manisan Bogor. ©istimewa

Merdeka.com - Bogor merupakan salah satu tempat tujuan wisata banyak dikunjungi oleh masyarakat dari berbagai kota. Selain alamnya elok, kota hujan ini juga menyajikan kuliner-kuliner lezat bisa Anda bawa pulang.

Tentunya oleh-oleh itu memang menjadi ciri khas dari kota Bogor. Meski sudah banyak produk yang menyamakan, tapi oleh-oleh ini tetap tidak kehilangan ciri cita rasa khasnya. Paling penting, Anda tak perlu merogoh kocek dalam-dalam buat mencicipi atau membawa pulang makanan itu.

Berikut, merdeka.com merangkum lima oleh-oleh lezat khas Bogor yang bisa anda dapatkan hanya dengan harga terbilang murah meriah.

1 dari 5 halaman

Bolu Labu Miss Pumpkin

Bolu Labu Miss Pumpkin. ©istimewa

Jika buah labu dalam film Cinderella karya World Disney dijadikan kereta kuda, tapi di Bogor, buah labu dijadikan kreasi bolu yang bisa menjadi pilihan oleh-oleh Anda. Salah satu toko yang menjual bolu ini adalah Miss Pumpkin yang terletak di Kawasan Niaga Taman Surya Kencana, Jalan Raya Pajajaran, dan Jalan Sholeh Iskandar, Bogor.

Meski disajikan dalam bentuk kue, tekstur buah labu yang lembut masih bisa anda rasakan di bolu ini. Karena di Miss Pumpkin, adonan bolu dibuat dengan mencampur 60 persen buah labu asli dan 40 persen tepung terigu.

Dengan kisaran harga Rp 30 ribu hingga Rp 35 ribu, anda bisa menikmati bolu labu dengan berbagai varian rasa. Seperti Kue Labu Original, Coklat, Green Tea, Jeruk, Talas, dan Kue Labu Brownies.

2 dari 5 halaman

Bolu Talas Sangkuriang

Bolu Talas Sangkuriang. ©istimewa

Bogor memang terkenal dengan buah talasnya. Para pelancong pun tidak akan melewatkan untuk membeli buah yang dijual di setiap sisi jalan kota hujan ini. Sayangnya, membeli talas terkadang membuat warga merasa terbeban dengan bobot talas yang terbilang cukup berat.

Namun para pelancong tidak perlu repot lagi membeli talas. Saat ini, talas tersebut sudah dijadikan bahan baku untuk membuat kue yang disebut Bolu Lapis Talas. Karena berbahan dasar talas, tekstur bolu ini pun lebih lembut daripada bolu kebanyakan.

Salah satu toko bolu lapis ini adalah Bolu Talas Sangkuriang yang terletak di Jalan Pajajaran sebelah Bale Binarum. Atau tersedia juga di Jalan Sholeh Iskandar, tidak jauh dari pintu tol. Sekotak bolu lapis ini dihargai sebesar Rp 25 ribu.

Namun Anda harus siap-siap bersaing untuk mendapatkan bolu ini. Penggemar kue khas Bogor ini terbilang banyak, sehingga pembeli harus rela mengantre berjam-jam untuk merasakan cita rasa dari bolu ini.

3 dari 5 halaman

Roti Unyil Venus

Roti Unyil Venus. ©istimewa

Jika ingin mencari oleh-oleh khas Bogor, Roti Unyil Venus bisa menjadi pilihan anda. Meski sudah banyak yang meniru, roti unyil yang terletak di Jalan Pajajaran ini tetap menjadi salah satu oleh-oleh favorit bagi para pelancong dari berbagai kota.

Ada lebih dari dua puluh varian rasa yang tersaji di outlet Roti Unyil ini. Seperti roti coklat, pisang keju, sosis keju, sosis, srikaya, nanas, fla coklat, baso, abon, daging asap dan sebagainya. Semua roti mungil ini dibanderol dengan harga yang sama, Rp 1450 per buah.

Outlet yang buka dari pukul 05.30 WIB sampai pukul 21.00 WIB ini, menyediakan varian roti yang disajikan paling lengkap. Namun, jika menjelang sore, varian yang tersedia sudah mulai menipis. Apalagi bila di akhir pekan, Anda harus bersiap-siap, karena antrean panjang akan tampak di depan rak-rak tempat memajang aneka roti unyil ini.

4 dari 5 halaman

Manisan

Manisan Bogor. ©istimewa

Manisan merupakan oleh-oleh khas Bogor yang wajib anda bawa saat berkunjung ke kota hujan ini. Salah satu manisan yang terkenal di Bogor adalah manisan pala. Buah pala dijadikan manisan dalam bentuk basah dengan siraman air gula maupun kering dengan baluran gula pasir halus.

Manisan pala dapat ditemukan di toko kue atau toko oleh-oleh kota Bogor yang banyak terdapat di sekitar Baranang Siang, Pajajaran atau manisan pala yang terkenal terdapat di Dramaga sebagai sentral pembuat manisan pala.

Bukan hanya manisan pala, berbagai manisan buah-buahan pun juga bisa anda dapatkan di sana. Jadi bagi anda penggemar kudapan ringan yang manis, anda bisa membeli manisan ini sebagai teman perjalanan anda.

5 dari 5 halaman

Kacang Bogor dan Stik Talas Bogor Istana

Kacang Bogor dan Stick Talas Bogor Istana. ©istimewa

Jika anda sudah mencicipi kacang Bogor rebus, berarti anda harus mencoba Kacang Bogor 'Istana' yang cara penyajiannya di goreng. Sehingga membuat kacang ini terasa gurih dan renyah.

Untuk menambah sensasi rasa, kacang Bogor ini juga disajikan dengan berbagai pilihan bumbu seperti balado, barbeque dan keju. Kacang Bogor ini bisa anda dapatkan dengan harga Rp 17.500. Bersamaan dengan Kacang Bogor, anda bisa memilih Stik Talas.

Talas ini dipotong sebesar korek api digoreng dan dicampur dengan aneka rasa bumbu seperti Kacang Bogor. Outlet resmi dari Kacang Bogor dan Stik Talas Bogor 'Istana' ada di Jalan Babakan Raya Nomor 37, Darmaga atau bisa juga di gerai Bolu Talas Sangkuriang. [bal]

Baca juga:
Melihat keindahan Pantai Lhok Mee di Banda Aceh
Mendengar kicau ribuan burung di Rawa Cemara Asri
Taman Flora, wisata murah meriah di Kota Pahlawan
Pesona air terjun tujuh tingkat di Bukit Kuta Malaka
Taman Putroe Phang, saksi sejarah kebesaran Kerajaan Aceh
Pesona Pulau Bunta di Aceh yang eksotis

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini