Ini Langkah Pemerintah Antisipasi Gelombang Kedua Covid-19

Selasa, 4 Mei 2021 16:28 Reporter : Supriatin
Ini Langkah Pemerintah Antisipasi Gelombang Kedua Covid-19 Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 dari Kemenkes Siti Nadia Tarmizi. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Pemerintah telah menyiapkan sejumlah hal untuk mengantisipasi terjadinya gelombang kedua Covid-19. Antisipasi ini dilakukan setelah sejumlah varian baru masuk ke Indonesia dan kasus Covid-19 cenderung meningkat.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi mengatakan, langkah pertama yang dilakukan pemerintah memastikan kesiapan rumah sakit rujukan dalam menghadapi lonjakan pasien Covid-19.

"Saat ini kami sedang melakukan salah satunya adalah kajian terkait bagaimana kesiapan rumah sakit termasuk terkait ketersediaan oksigen, bahan habis pakai, pengobatan-pengobatan lainnya, ventilator serta juga SDM-SDM," katanya dalam konferensi pers yang disiarkan melalui YouTube Kementerian Kesehatan RI, Selasa (4/5).

Selain itu, pemerintah juga meminta kepala daerah menyiapkan rumah sakit umum daerah (RSUD) dan fasilitas pelayanan kesehatan di wilayah masing-masing untuk melayani pasien Covid-19.

"Kami kembali mengingatkan ke pemerintah daerah untuk memastikan kesiapan RSUD serta fasilitas pelayanan kesehatan di wilayahnya untuk mengantisipasi terjadi adanya lonjakan kasus," ujarnya.

Sebelumnya, Nadia mengatakan kasus positif Covid-19 cenderung stabil bahkan meningkat sejak pekan kedua April 2021. Di saat bersamaan, kasus kematian Covid-19 mengalami peningkatan.

Peningkatan kematian Covid-19 di tengah penambahan kasus positif yang cenderung stabil perlu diwaspadai. Sebab, kemungkinan kondisi itu disebabkan oleh varian baru Covid-19.

"Kita melihat angka kematian yang terus meningkat secara signifikan ini harus menjadi kewaspadaan untuk berhati-hati. Apakah varian atau mutasi virus ini yang menyebabkan kondisi ini terjadi," katanya dalam konferensi pers yang disiarkan melalui YouTube Kementerian Kesehatan RI, Selasa (4/5).

Selain kematian Covid-19, Nadia menyebut keterpakaian rumah sakit rujukan Covid-19 cenderung stabil bahkan meningkat sejak April 2021. Padahal, pada Februari hingga Maret 2021, keterpakaian rumah sakit rujukan Covid-19 menurun.

"Kita perlu melihat sejak April hingga hari ini belum juga flat. Bahkan ada kecendrungan naik," tutupnya. [fik]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini