Ini kronologi istri Santoso menyerahkan diri setelah dikepung

Sabtu, 23 Juli 2016 13:35 Reporter : Mardani
Ini kronologi istri Santoso menyerahkan diri setelah dikepung Umi Delima istri Santoso. ©2016 istimewa

Merdeka.com - Jumiatun Muslimayatun alias Delima, istri Santoso yang berhasil kabur saat baku tembak pada Senin (18/7) lalu, menyerahkan diri kepada aparat keamanan di sekitar Desa Tamanjeka, Kecamatan Poso Pesisir, Sabtu (23/7).

Informasi yang diperoleh merdeka.com, Delima menyerahkan diri kepada Tim Alfa 17 Yonif 303 Kostrad. Saat itu, sekitar pukul 08.00 tim Alfa melaksanakan penyergapan di sebuah gubuk dan menemukan satu orang perempuan atas nama Delima yang diduga merupakan istri dari Santoso.

Saat dilaksanakan penyergaapan, perempuan tersebut menyerahkan diri sehingga tim Alfa 17 tidak menembak tetapi tetap waspada dan siap menembak jika perempuan itu melakukan perlawanan.

Saat ini perempuan itu telah dibawa ke Kotis Sektor 1 Poso Pesisir Utara oleh tim Alfa 17 di bawah pimpinan Sertu Tarigan.

Sebelumnya, Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Boy Rafli Amar membenarkan perempuan tersebut adalah Jumiatun Muslimayatun alias Delima, istri Santoso yang berhasil kabur saat baku tembak pada Senin (18/7) lalu.

"Iya benar jam 9.30 WIT," kata Boy melalui Whatsapp kepada merdeka.com.

Jumiatun Muslimayatun alias Delima kabur saat Satgas Tinombala menembak mati suaminya, Santoso dan Mukhtar di wilayah pegunungan desa Tambarana, Pesisir Utara Poso, Sulawesi Tengah, Senin lalu.

Baku tembak tersebut melibatkan lima orang anggota kelompok Santoso. Lima anggota MIT itu adalah tiga pria dan dua orang wanita, salah satunya adalah Delima. Sedangkan dua anggota MIT yang tewas merupakan pria dan dua wanita (Delima)serta satu lelaki berhasil melarikan diri dalam baku tembak tersebut. [dan]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini