Ini keutamaan salat witir

Kamis, 8 Juni 2017 16:00 Reporter : Desi Aditia Ningrum
Ini keutamaan salat witir Kekhusyukan salat tarawih di Istiqlal. ©2017 merdeka.com/iqbal s nugroho

Merdeka.com - Salat witir selalu digabungkan dengan salat tarawih. Dengan demikian, ia menjadi bagian dari salat Tarawih. Secara bahasa witir artinya bilangan ganjil, seperti satu, tiga, lima dan seterusnya.

Di dalam salat witir itu terdapat beberapa keutamaan. Keutamaan yang pertama ialah, dari Abu Hurairah menyatakan bahwa Allah SWT Maha Tunggal dan Dia menyukai yang tunggal atau ganjil. Dikutip dari buku Ternyata Shalat & Puasa Sunah Dapat Mempercepat Kesuksesan karangan Ceceng Salamudin, menjelaskan bahwa berkenaan dengan istilah ganjil banyak penetapan syariah Islam yang menggunakan bilangan ganjil ini.

Di antaranya rukun Islam ada lima, salat fardhu ada lima waktu, jumlah rakaatnya juga ganjil yakni 17. Allah SWT menciptakan langit dan bumi ada tujuh lapis, kemudian surga dan neraka juga tujuh tingkatan. Angka-angka tersebut mengisyaratkan bahwa dalam bilangan-bilangan ganjil ada banyak keutamaan.

Keutamaan yang kedua ialah, melaksanakan salat witir disaksikan oleh malaikat. Sebab, pada keutamaan ini berkenaan dengan waktu utama salat yaitu sepertiga malam. Biasanya jika bukan bulan Ramadan, salat witir baiknya dikerjakan pada sepertiga malam.

"Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Alquran) pada malam kemudian. Dan tahu kah kamu: Apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar." (QS Al Qadr {97}:1-5).

Surat ini menjelaskan keutamaan malam sebagai waktu turunnya kemuliaan dan ramhat Allah SWT. Walaupun sebab turunnya surat ini berkenaan dengan Lailatil Qadr, tetapi secara umum kelima ayat tersebut menjelaskan keutamaan malam, sepertiga malam sebagai waktu yang sangat tepat bagi seorang hamba untuk meraih rahmat Allah. [ded]

Topik berita Terkait:
  1. Lentera Ramadan
  2. Jakarta
  3. Ramadan 2017
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini