Ini golongan penonton sinetron paling banyak di indonesia

Minggu, 15 Mei 2016 09:02 Reporter : Adriana Megawati
Ini golongan penonton sinetron paling banyak di indonesia Sinetron lawas yang awet dikenang. ©2014 Merdeka.com/pulsk.com

Merdeka.com - Sinetron-sinetron Indonesia yang kurang mendidik, akhir-akhir ini menguasai layar kaca setiap hari. Banyak pemilik stasiun televisi swasta yang mengejar akan adanya rating. Karena rating memberikan informasi pada produsen media mengenai tayangan mana saja yang mendapatkan perhatian paling banyak dari publik.

Direktur Remotivi, Muhamad Heychael menuturkan bahwa terdapat tiga unsur terjadinya sinetron Indonesia yang tidak mendidik dapat menguasai layar kaca setiap hari.

"Sinetron-sinetron itu menguasai layar kaca, hal itu dimungkinkan antara lain karena mencari untung, KPI lemah, serta masyarakat yang terlalu antusias, kombinasi tiga hal itu yang membuat sinetron yang tidak bermutu merajai layar kaca. Seharusnya media, peran KPI dan Kominfo ikut berkontribusi mencegah adanya tayangan yang tidak bermutu tersebut," tuturnya kepada Merdeka.com melalui sambungan telefon, Kamis (13/5).

Sementara itu, komunitas jaringan siaran, Bayu Wardhana mengatakan bahwa saat ini mayoritas penonton di Indonesia adalah kelas B dan C. Kelas menengah kebawah akan senang menonton program-program yang disiarkan di stasiun televisi swasta meskipun program tersebut kurang mendidik. Hal itu dikarenakan merupakan hiburan satu-satunya bagi mereka.

"Penonton televisi Indoensia saat ini tingkat pendapatan sosialnya kelas B dan C, kelas menengah ke bawah, makanya mereka hanya menonton soal drama rumah tangga, tragedi rumah tangga. Kalau kelompok C gak punya pilihan lain selain hiburannya nonton tv. Berbeda dengan kelas A, jika kelas atas dapat langgan tv kabel, karena fungsi tv kabel tersebut ada edukasinya gak cuma hiburan, dan tv swasta kurang menaruh dimensi," ucap Bayu. [rhm]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini