Ini Cara Pemerintah Jokowi Tangani Kerusuhan Papua

Kamis, 5 September 2019 05:31 Reporter : Desi Aditia Ningrum
Ini Cara Pemerintah Jokowi Tangani Kerusuhan Papua kerusuhan di papua. ©2019 AFP Photo/STR

Merdeka.com - Pemerintah terus memantau situasi Papua pasca kerusuhan yang terjadi pekan lalu. Kerusuhan Papua berlangsung anarkis dengan membakar dan merusak berbagai fasilitas umum.

Pemerintah pun melakukan berbagai cara untuk membendung kerusuhan tak terus terjadi dan tak meluas. Apa saja yang dilakukan?

1 dari 3 halaman

Batasi WNA Masuk Papua

Untuk sementara, pemerintah membatasi kedatangan orang asing ke Papua dan Papua Barat hingga situasi keamanan kondusif. Pemerintah tidak mau ambil risiko karena kondisi di Papua dan Papua Barat masih bergejolak.

Menkopolhukam Wiranto mengatakan negara memiliki hak melakukan pembatasan kedatangan WNA dalam rangka keamanan nasional.

"Pada saat keadaan rusuh, kalau kita biarkan, kalau kemudian ada yang terbunuh di sana bagaimana? Tambah masalah, ribut lagi," kata Wiranto, di kantornya, Jakarta, Selasa (3/9).

2 dari 3 halaman

Blokir Akses Internet

Informasi hoaks diduga menjadi salah satu penyebab kerusuhan di Papua. Untuk menghindari informasi-informasi hoaks makin meluas, pemerintah melakukan pemblokiran akses internet di tanah Papua. Pemblokiran dilakukan sejak 21 Agustus 2019 lalu.

Rencananya, pemerintah akan mulai membuka akses internet pada 5 September 2019 mendatang. Pembukaan ini akan dilakukan secara bertahap.

"Kabupaten yang sudah kondusif nanti kita aktifkan kembali seluruh jenis layanan suara, bisa Fb, WA bisa seluruh media sosial lainnya. Ini sedang dilakukan koordinasi dengan orang di lapangan nanti kita lihat yang mana," kata Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara di kantornya.

3 dari 3 halaman

Kirim Kendaraan Pengamanan Tambahan

TNI juga turut berupaya membendung kerusuhan Papua agar tak terus terjadi dan meluas. TNI mengirim kendaraan pengamanan tambahan ke Papua Barat. Hal ini agar masyarakat Papua merasa aman dan terlindungi. [dan]

Baca juga:
Fakta-Fakta Keterlibatan Asing di Balik Kerusuhan Papua
Wapres JK Sarankan Bendera Bintang Kejora Diubah Agar Tak Mirip Bendera OPM
Wiranto Pastikan Kondisi Papua dan Papua Barat Sudah Kondusif
Jadi Tersangka, Ini Kalimat Provokatif Disebar Veronica Koman di Medsos
Wiranto: Peran Asing dalam Kerusuhan di Papua Bukan Dugaan, Sudah Ada Bukti

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini