Ini calon kuat Menpera versi IPW

Sabtu, 20 September 2014 06:53 Reporter : Muhammad Hasits
Ini calon kuat Menpera versi IPW Pameran Perumahan Murah. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Indonesia Property Watch (IPW) telah melakukan polling kandidat Menteri Perumahan Rakyat. Polling ini dilakukan secara independen dan secara bertahap.

Berdasarkan polling tahap I yang telah dilakukan oleh IPW telah terjaring 5 nama calon Menpera. Selanjutnya dilakukan polling tahap II dengan pilihan tertutup untuk memilih salah satu dari kelima nama calon yang tertera. Dari 574 responden telah memilih 3 besar calon Menpera, yaitu : Enggartiasto Lukita, Eddy Ganefo, dan Panangian Simanungkalit.

"Siapapun yang nanti akan menjadi Menpera diharapkan merupakan profesional yang benar-benar memahami masalah perumahan rakyat, karena pemahaman perumahan rakyat butuh sebuah terobosan dari tokoh perumahan yang visioner," kata Direktur Indonesian Property Watch Ali Tranghada dalam keterangan tertulisnya kepada merdeka.com, Sabtu (20/9).

Nama Enggartiasto Lukita dikenal sejak dahulu aktif di dunia properti antara lain sebagai Ketua Departemen REI (1986-1989), Ketua Umum REI (1992-1995), Ketua Kehormatan REI (1996), dan Wakil Ketua FIABCI (1992-1995). Dia pernah aktif pernah menjadi anggota DPR dari Partai Golkar periode 1997-1999 dan 2004-2009. Saat ini tergabung dengan Partai NasDem yang merupakan koalisi Jokowi-JK.

Sementara Eddy Ganefo, aktif di perumahan menengah bawah di mana saat ini sebagai Ketua Umum DPP Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (APERSI). Eddy mempelopori dilakukannya judicial review (YR) ke Mahkamah Konstitusi (MK) mengenai pembatasan tipe rumah T. 36 untuk Rumah Sederhana Tapak (RST) di UU No. 1 PKP tahun 2011 dan telah berhasil dibatalkan. Saat ini bergabung di Partai PKB yang merupakan koalisi Jokowi-JK.

Sedangkan Panangian Simanungkalit, dikenal sebagai pengamat properti dan perumahan nasional. Saat krisis terjadi di Indonesia, dia dipercaya untuk menangani restrukturisasi perumahan yang menjadi pesakitan di BPPN waktu itu. Selain sebagai Dewan Pakar di Partai Demokrat, saat ini aktif terlibat juga dalam pendidikan properti untuk memberikan wawasan properti dan perumahan bagi masyarakat umum. [has]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini