Ini alasan Nurdin Halid ingin jadi gubernurnya orang kampung

Senin, 5 Februari 2018 13:20 Reporter : Aan Pranata
Warga Antusias Senam Bareng Nurdin Halid di Losari. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Bakal calon gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Halid kerap mendengungkan program Gerakan Membangun Kampung. Slogan ini bahkan selalu ditegaskan bersama pasangannya, Aziz Qahhar Mudzakkar, kala berkunjung ke berbagai daerah di Sulsel.

Seperti apa bentuk Gerakan Membangun Kampung? Juru bicara pasangan NH-Aziz, Risman Pasigai punya jawabannya. Secara sederhana disebutkan bahwa, Nurdin dan Aziz ingin mengabdikan diri menjadi gubernur bagi semua masyarakat.

Program ini, kata Risman, merupakan jawaban atas kenyataan di Sulsel selama ini. Di mana arah pembangunan dan pertumbuhan ekonomi selalu timpang, lebih mengutamakan perkotaan. Sedangkan masyarakat di kampung cenderung terabaikan.

"Bukan berarti bahwa hanya ingin mengabdi untuk orang kampung saja, tapi untuk semua. Program membangun kampung ini diusung untuk pemerataan pembangunan di Sulsel, salah satunya di kampung yang selama ini seperti terabaikan," kata Risman yang juga Wakil Ketua DPD Golkar Sulsel melalui keterangan Senin (5/2).

Dalam praktiknya ke depan, Gerakan Membangun Kampung akan mengarahkan pembangunan itu berbasis keinginan masyarakat yang ada di setiap kampung. Aspirasi dari setiap daerah akan diolah menjadi program yang bermanfaat bagi masyarakat.

Risman yang juga pengurus DPP KNPI ini mengatakan, niat NH-Aziz untuk membangun kampung adalah tekad bulat sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat Sulsel yang agraris.

Secara detilnya, Program Membangun Kampung ini meliputi kemudahan memperoleh pupuk bagi petani, membangkitkan ekonomi desa dengan kredit tanpa bunga melalui badan Usaha Milik Desa (BUMDes), dan berbagai kemudahan bagi petani yang rata-rata berdomisili di kampung-kampung .

"Karena itu, wajarlah kalau Pak NH dan Pak Aziz ingin mewakafkan diri sebagai Gubernur dan Wakil Gubernurnya orang kampung. Karena segala program beliau berdasarkan keinginan masyarakat kampung," ujar Risman.

Lebih lanjut, Risman mengungkapkan bahwa sebenarnya pertumbuhan ekonomi Sulsel melampaui rata-rata pertumbuhan nasional. Namun pertumbuhan ini ternyata hanya dinikmati orang-orang di kota.

"Artinya kan tidak merata ke tingkat desa atau masyarakat kampung. Karena itu, program NH-Aziz dengan Membangun Kampung ini akan terasa bagi orang-orang kampung. Secara garis besarnya, melalui program ini NH-Aziz akan membangun dari bawah agar kesejahteraan semua warga Sulsel bisa tumbuh bersama," tambahnya. [hhw]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini