Ini 5 anggota Komite Etik yang usut bocornya draf sprindik Anas

Senin, 25 Februari 2013 18:13 Reporter : Putri Artika R
Ini 5 anggota Komite Etik yang usut bocornya draf sprindik Anas

Merdeka.com - KPK membentuk komite etik untuk mengusut draft sprindik Anas Urbaningrum yang bocor ke publik. Terdapat 5 orang yang menjadi anggota Komite Etik ini.

"2 orang internal KPK terdiri satu unsur pimpinan KPK dalam hal ini BW (Bambang Widjojanto) dan satu unsur penasihat KPK dalam hal ini AH (Abdullah Hehamahua)," ujar Wakil Ketua KPK Busyro Muqoddas, saat jumpa pers di KPK, Senin (24/2).

Untuk 3 anggota Komite etik lainnya yakni dari luar KPK yaitu Prof DR Abdul Mukthie Fadjar, Anies Baswedan, dan Tumpak Hatorangan Panggabean. Penetapan anggota Komite Etik ini tertuang dalam surat keputusan pimpinan KPK berlaku mulai 22 Februari 2013.

"Berdasarkan surat ini, 3 nama sekaligus tokoh masyarakat ini, Alhamdulillah beliau memiliki komitmen yang cukup tinggi kepada kpk dan senang hati mengemban amanat menjadi komite etik," ujar Busyro.

Busyro menyerahkan sepenuhnya kepada komite etik ini untuk menjelaskan tugas secara objektif, transparan, dan akuntabel. Mekanisme singkatnya, menurut Busyro, sama seperti komite etik pada tahun-tahun sebelumnya. Diketahui, Abdullah Hehamahua pernah duduk di komite etik Tahun 2011.

Salah satu anggota komite etik ternyata ada dari unsur pimpinan KPK sendiri. Pimpinan KPK itu adalah Bambang Widjojanto. Mengapa Bambang?

"Kami berlima sepakat menentukan Pak Bambang. Alasannya, kesepakatan itu, sebagai salah satu unsur pimpinan," ujar Busyro Muqoddas.

Menurut Busyro, kesepakatan memilih Bambang dalam kode etik ini karena Bambang tidak terindikasi memiliki conflict of interest.

"BW memang gak ada unsur COI (Conflict of interest)," ujarnya.

Meski demikian, Busyro menyarankan menunggu hasil pengusutan dari Komite Etik ini.

"Yang sudah jelas ditunjuk itu sudah jelas yang representatif dan tidak ada COI. [tts]

Topik berita Terkait:
  1. Anas Urbaningrum
  2. KPK
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini