Ini 4 kandidat paling berpeluang jadi wakapolri versi Kompolnas

Senin, 20 April 2015 17:13 Reporter : Muhamad Agil Aliansyah
Ini 4 kandidat paling berpeluang jadi wakapolri versi Kompolnas gedung Mabes POLRI. merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) melihat ada empat kandidat kuat calon wakapolri saat ini. Empat kandidat tersebut merupakan Jenderal bintang tiga yang menjadi salah satu syarat wakapolri.

"Kalau dilihat dari kepangkatan itu minimal Akpol 82-83. Itu ada Irwasum, Kalemdikpol. Kemudian dari Akpol 84 juga bisa ada Kabareskrim dan Kabaharkam. Dari empat orang ini saya kira layak menjadi Wakapolri," kata salah satu Komisioner Kompolnas, Edi Hasibuan, saat ditemui di ruang kerjanya Gedung Kompolnas, Jalan Tirtayasa, Jakarta Selatan, Senin (20/4).

Namun, lanjut Edi, yang layak memutuskan menempati posisi tersebut adalah Wanjakti. Edi berharap, dalam minggu ini kekosongan posisi Wakapolri segera diisi.

"Minggu ini seharusnya sudah ada. Karena sesuai Undang-undang Peraturan Presiden Pasal 57 Nomor 52 Tahun 2010 tentang susunan organisasi dan tata kerja Polri. Atur pengangkatan dan berhenti bintang dua ke atas itu ditetapkan oleh Kapolri terpilih setelah dikonsultasikan oleh Presiden," ujar Edi.

Saat diminta kepastian kepada calon mana Kompolnas menguatkan dukungannya, Edi enggan menanggapi lebih jauh. Dia hanya mengatakan, ada beberapa faktor yang menjadi penilaian untuk menempati posisi Wakapolri.

"Wakapolri itu idenya harus sama dengan Kapolri. Enggak boleh bertolak belakang. Punya hubungan yang baik sama Kapolri dan pertimbangkan faktor senioritas," kata Edi.

Kembali ditegaskan apakah faktor penilaian itu ada pada Komjen Budi Gunawan, dia berkilah, "Siapapun dia kalau pilihan wanjak harus dihormati dan terima. Kita berharap minggu ini sudah ada Wakapolri," pungkas dia. [lia]

Topik berita Terkait:
  1. Calon Wakapolri
  2. Kompolnas
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini