Infrastruktur dan SDM Indonesia Dinilai Siap untuk Vaksinasi Covid-19

Minggu, 22 November 2020 12:51 Reporter : Supriatin
Infrastruktur dan SDM Indonesia Dinilai Siap untuk Vaksinasi Covid-19 vaksin. ©2020 Merdeka.com/freepik

Merdeka.com - Pemerintah berencana melakukan vaksinasi Covid-19 pada akhir tahun 2020. Vaksinolog, Dirga Sakti Rambe, mengatakan bahwa Indonesia telah memiliki infrastruktur yang memadai untuk proses distribusi vaksin hingga ke pelosok negeri.

"Sejak vaksin diproduksi sampai digunakan di rumah sakit dan puskesmas, transportasinya mesti terjamin suhunya. Dan jangan khawatir, kita sudah berpengalaman. Kita sudah siap," ujarnya melalui keterangan tertulis, Minggu (22/11).

Dirga menyebut, Indonesia memiliki pengalaman bertahun-tahun dalam memproduksi, mendistribusi, hingga mengimplementasikan vaksin. Sistem rantai dingin sebagai salah satu unsur penentu kualitas vaksin juga sudah terbangun dengan baik.

"97 persen sistem rantai dingin ini berjalan dengan baik jadi tidak perlu khawatir. Mulai dari pabrik sampai yang menerima di puskesmas, misalnya di Aceh atau Papua itu semua sudah siap," katanya.

Menurut Dirga, Indonesia telah memiliki 23.000 vaksinator yang terlatih. Bahkan, 7.000 di antaranya sudah mendapatkan pelatihan khusus dari Kementerian Kesehatan.

Ingat #PesanIbu

Jangan lupa Selalu Mencuci Tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jarak Mari Bersama Cegah Penyebaran Virus Corona

Baca Selanjutnya: Punya 440 Ribu Tenaga Medis...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini