Indriyanto: KPK Sudah Seperti Keluarga Saya Sejak Awal

Kamis, 29 April 2021 12:00 Reporter : Merdeka
Indriyanto: KPK Sudah Seperti Keluarga Saya Sejak Awal Mantan Komisioner KPK Indriyanto Seno Adji. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Indriyanto Seno Adji resmi menduduki posisi Dewan Pengawas KPK. Melalui jumpa pers perdananya, Indriyanto mengatakan, KPK sudah seperti keluarga bagi dirinya.

"Saya dalam kelembagaan ini (KPK) seperti keluarga, dari awal saya mengikuti regulasinya," kata Indriyanto di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Kamis (29/4).

Dia bercerita soal Undang-Undang baru KPK yang disahkan 2019 lalu. Dia mengamini, UU tersebut membawa dinamika yang luar biasa di tubuh KPK.

"Saat itu saya salah satu tim yang diminta informasi dan pendapat terkait itu termasuk (aturan) keberadaan Dewas," jelasnya.

Indriyanto mengaku, saat itu dirinya siap untuk memberikan masukan sepanjang bukan untuk mengeliminasi tugas pokok dan fungsi KPK.

"Jadi ketika itu disepakati saya baru memberi masukan tentang eksistensi Dewas," ujarnya.

Indriyanto berjanji, amanah yang diberikan negara saat ini untuk menggantikan posisi Almarhum Artidjo Alkostar, akan diemban sebaik mungkin untuk memperkuat KPK dalam fungsi operasional kelembagaannya.

"Penempatan kami di Dewas membangun soliditas, bukan isu di luar seolah ada perbedaan dalam pelaksanaan fungsi pengawasan dan lembaga KPK. Kita bangun soliditas fungsi pelaksana dan evaluasi KPK," terangnya.

Sementara itu, Ketua KPK Firli Bahuri menyatakan dukungan kehadiran Indriyanto Seno Adji, sebagai bagian dari Dewan Pengawas KPK. Dia berharap kehadiran Indriyanto dapat menambah kinerja pemberantasan korupsi.

"Kami berharap kehadiran Indriyanto Seno Adji memperkuat pengawasan KPK dalam pelaksanaan tugasnya tentu dalam pengawasan," katanya.

Dia berharap, hadirnya Indriyanto dapat menambah kerja dan fungsi Dewan Pengawas. Selain itu, Indriyanto juga memastikan kegiatan operasional pelaksanaan unit kerja KPK sesuai dengan perundangan-undangan yang berlaku.

"Dewan Pengawas (diharap) menjadi konsultan tempat konsultasi seluruh anak bangsa yang mendapat amanat pemberantasan korupsi," jelasnya.

Firli juga berharap, dengan hadirnya Indriyanto sebagai Dewan Pengawas KPK memiliki tujuan satu yaitu mimpi bersama menjadikan Indonesia sebagai negara yang bebas korupsi.

"Kami menyambut baik kehadiran Pak Indriyanto, kami yakin kalo hari ini kita belum sempurna maka ke depan akan jadi sempurna," tutupnya.

Reporter: M Radityo
Sumber: Liputan6.com [fik]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini