Indonesia Terima 3 Juta Dosis Vaksin Moderna dari Amerika Serikat

Minggu, 11 Juli 2021 13:38 Reporter : Ahda Bayhaqi
Indonesia Terima 3 Juta Dosis Vaksin Moderna dari Amerika Serikat vaksin moderna. ©Reuters

Merdeka.com - Pemerintah Indonesia menerima 3.000.060 dosis vaksin Moderna yang merupakan bantuan dari pemerintah Amerika Serikat melalui jalur COVAX Facility. Vaksin itu tiba di Indonesia melalui Bandara Internasional Soekarno Hatta, Minggu (11/7).

"Alhamdulillah pada hari ini Indonesia telah menerima 3.000.060 dosis vaksin Moderna. Dukungan kerja sama internasional dari pemerintah Amerika Serikat melalui jalur multilateral COVAX Facility," ujar Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi saat konferensi pers melalui YouTube Sekretariat Presiden.

Retno mengatakan, Amerika Serikat akan memberikan 4.500.160 dosis vaksin Moderna kepada Indonesia secara bertahap. Sebanyak 3 juta dosis yang diterima hari ini merupakan tahapan pertama.

"Sesuai komunikasi kami dengan beberapa rekan kolega kami di AS termasuk dengan Menteri Luar Negeri AS dan National Security Advisor AS, AS berkomitmen memberikan dosis sharing vaksin kepada Indonesia berjumlah 4.500.160 dosis," ujarnya.

Vaksin Moderna ini telah mendapatkan izin penggunaan di kala darurat/emergency use authorization dari BPOM pada 2 Juli 2021.

Menlu Retno menjelaskan, mekanisme dose sharing atau berbagi vaksin ini merupakan cara negara-negara memastikan akses setara vaksin untuk semua negara melalui COVAX Facility. Atas bantuan tersebut, Indonesia mengucapkan apresiasi kepada rakyat dan pemerintah Amerika Serikat.

"Atas nama pemerintah Indonesia, saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada pemerintah AS yang telah berbagi dosis kepada Indonesia melalui COVAX Facility," ucapnya. [yan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini