Indonesia Alami 19 Bencana Awal Agustus, dari Kekeringan Lanny Jaya & Banjir Katingan

Senin, 8 Agustus 2022 18:52 Reporter : Lydia Fransisca
Indonesia Alami 19 Bencana Awal Agustus, dari Kekeringan Lanny Jaya & Banjir Katingan 390 Rumah Terendam Banjir di Musi Banyuasin. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat 19 kali bencana di Indonesia selama awal pekan Agustus 2022. BNPB menyatakan bencana ini masuk ke dalam kategori hidrometerologi atau fenomena berkaitan dengan siklus air, curah hujan, dan iklim serta cuaca.

Pelaksana tugas Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan, banjir menjadi bencana terbanyak pada periode ini dengan 10 kejadian.

Kemudian cuaca ekstrem empat kejadian, kebakaran hutan dan lahan satu kejadian, serta gelombang pasang/abrasi dan tanah longsor masing-masing satu kejadian.

"Ada beberapa kejadian yang signifikan seperti kekeringan di Lanny Jaya. Kekeringan yang kemudian diiringi oleh embun beku yang menyebabkan tanaman masyarakat gagal panen sehingga ada kelaparan," kata Muhari dalam disaster briefing digelar virtual, Senin (8/8).

2 dari 2 halaman

Banjir di Sejumlah Daerah

Muhari menambahkan, pemerintah juga menyoroti banjir di Kapuas Hulu, Kalimantan Barat dan Katingan, Kalimantan Tengah. "Menjadi catatan kita karena dua lokasi ini merupakan daerah yang menjadi perhatian pemerintah pusat, bahkan Bapak Presiden," ujar dia.

Selain banjir di Kalimantan Tengah dan Barat, kata Muhari, pemerintah juga menyoroti banjir di Sumatera, banjir di Bintan, Kepulauan Riau, dan Banyuasin serta Ogan Ilir, Sumatera Selatan. Untuk Sulawesi, terjadi banjir di Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara, Banggai, Sulawesi Tengah, dan Konawe, Sulawesi Tenggara.

"Jadi hampir semuanya, Sumatera Kalimantan, Sulawesi kita mengalami hidrometeorologi basah tetapi di Papua kita mengalami hdrometerologi kering," kata Muhari. [gil]

Baca juga:
Jokowi Ungkap Dampak Perubahan Iklim, dari Bencana Alam hingga Pangan
Banjir Jadi Bencana Paling Sering Terjadi di Indonesia, Ini Cara Penanggulangannya
Banjir Bandang Porak-Porandakan Bagian Utara Jepang
BPBD Sebut 22 Desa di Sumedang Rawan Kebakaran Hutan dan Lahan, Ini Daftarnya
Banjir Rendam 4 Kelurahan di Banyuasin, 340 Jiwa Terdampak
Puskesmas di Cianjur Terbakar, Sebagian Besar Obat jadi Abu

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini